Di Balik kebijakan Google Pengaruhi Hasil Pencarian Berdasar Perilaku Pengguna

Jumat, 7 Desember 2018 11:50 Reporter : Indra Cahya
Di Balik kebijakan Google Pengaruhi Hasil Pencarian Berdasar Perilaku Pengguna Ilustrasi Google. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Sudah bukan rahasia lagi kalau Google membuat data profil yang sangat detil dari para penggunanya termasuk kita. Hal ini dilakukan Google dengan cara mendokumentasikan segala pencarian web kita, likasi, dan segala parameter lainnya yang berbau rekam jejak digital.

Tujuannya tentu soal pemasaran tertarget. Data ini digunakan Google untuk memberi slot iklan pada para merek-merek dengan pasar yang sudah sangat jelas dan cocok dengan keinginan pengiklan.

Namun selain soal pemasaran, ternyata perilaku kita dalam menggunakan berbagai layanan internet juga mempengaruhi hasil pencarian kita. Berdasarkan studi yang dihelat oleh DuckDuckGo yang dikutip Phone Arena, hasil pencarian kita di Google terkustomisasi dan akan berbeda antara satu user dan lainnya.

Bahkan, DuckDuckGo juga menyebut bahwa meski pengguna sedang tak login dan menggunakan mode Incognito, hasil pencarian tetap akan terkustomisasi.

Studi yang berjudul "Measuring the "Filter Bubble: How Google is influencing what you click" ini, dilakukan pada Juni tahun ini dengan tujuan melihat apakah Google melakukan filter informasi di tiap penggunanya menjelang Pemilu Paruh Waktu di AS pada awal November lalu.

Metode studinya adalah dengan melihat hasil pencarian dengan keyword tertentu dari 76 orang, dan hasilnya terdapat 62 hasil pencarian yang didapat. Jadi, hampir tiap orang memiliki hasil pencarian berbeda dalam sebuah kata kunci yang diketik di Google. Bahkan, hasil ini hampir sama meski sudah logout email dan menggunakan mode Incognito.

Google sendiri memang tak menampik adanya pengumpulan data pengguna. Namun raksasa pencarian online tersebut hanya bermaksud untuk melayani pengguna dengan hasil pencarian yang lebih baik dan efektif. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini