Deretan Fitur Baru WhatsApp Setelah Diperbarui

Selasa, 27 November 2018 06:21 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Deretan Fitur Baru WhatsApp Setelah Diperbarui Ilustrasi aplikasi Whatsapp. ©2018 Erminesoft

Merdeka.com - Aplikasi chatting WhatsApp sedang giat-giatnya melakukan perbaruan. Alasannya, agar pengguna aplikasi instan ini bisa menikmati fitur-fitur baru yang dikeluarkan. Jika pengguna sudah memperbarui WhatsApp mereka, maka mereka bisa menggunakan fitur baru tersebut.

Lalu, apa saja fitur baru yang dikeluarkan oleh WhatsApp?

1 dari 5 halaman

Bisa Mematikan Pemberitahuan Grup Saat Liburan

Ilustrasi WhatsApp. ©2016 Merdeka.com

WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru. WABetaInfo menjelaskan, fitur baru ini dinamakan 'Mode Liburan'. Pengguna bisa mematikan pemberitahuan grup selama mereka sedang liburan.

Saat ini fitur mematikan pemberitahuan grup sudah ada. Perbedaannya, untuk fitur lama pemberitahuan sudah mati namun pesannya muncul di layar ponsel. Sedangkan fitur baru, pemberitahuan mati dan pesan tak muncul di layar ponsel. Pesan itu akan disimpan oleh WhatsApp.

2 dari 5 halaman

Pindai Kode QR

Ilustrasi WhatsApp. ©2016 vishwagujarat.com

Mirip dengan aplikasi Line dan Snapchat, WhatsApp akhirnya menambah fitur agar pengguna bisa menambah teman hanya dengan memindai kode QR.

Cara menggunakannya, pengguna harus membagikan data kontak mereka, saat sedang berlangsung maka kode QR akan muncul. Pengguna WhatsApp lainnya bisa memindai kode QR yang Anda tunjukkan.

3 dari 5 halaman

Punya Stiker

sticker WhatsApp. ©2018 Wabetainfo

Kini pengguna WhatsApp bisa mengekspresikan dirinya melalui stiker. Bahkan mereka bisa membuat stiker yang mereka inginkan.

Stiker dapat diunduh dari Google Play atau App Store, dan akan muncul di WhatsApp. Bagi pengguna yang sudah memperbarui, cukup tekan tombol stiker yang muncul dan pilih yang ingin Anda gunakan.

4 dari 5 halaman

Keamanan Makin Berkurang

WhatsApp. ©2014 Mashable.com

Fitur terbaru WhatsApp ternyata malah melemahkan keamanannya. Jadi, pengguna lain bisa membaca pesan Anda. Aplikasi WhatsApp biasanya melindungi setiap pesan yang dikirim menggunakan enkripsi end-to-end. Itu berarti bahwa setiap pesan tetap aman, dan hanya dapat dibaca oleh orang yang mengirim dan menerima pesan-pesan itu.

Tetapi sekarang WhatsApp telah menambahkan backup gratis, yang disediakan oleh Google, dan dapat memecahkan enskripsi itu. Pesan-pesan itu memang aman di dalam ponsel, tapi cadangan pesan tidak dienkripsi. Hal ini berpotensi membiarkan siapa saja membaca pesan dan melihat gambar yang ada di dalamnya.

Pernyataan dari WhatsApp tentang fitur baru ini juga dijelaskan. "Penting: Media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat ada di Google Drive," bunyi tulisan itu.

5 dari 5 halaman

Video Akan Berputar Otomatis

WhatsApp. © Ubergizmo.com

Setelah perbarui WhatsApp, maka akan muncul fitur baru, yaitu menampilkan video saat muncul di layar obrolan. Fitur ini baru bisa digunakan pada perangkat iOS. WABetaInfo menulis, untuk saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna iOS beta yang memiliki versi WhatsApp 2.18.102.5 yang diinstal.

"WhatsApp meluncurkan kemungkinan untuk melihat video secara langsung di-push notification untuk setiap pengguna iOS beta yang memiliki versi 2.18.102.5 yang diinstal! Ini akan segera tersedia bagi pengguna App Store," tulis WABetaInfo.

Setelah video diterima, maka akan terputar dengan sendirinya. Ini bisa membuat jera bagi para pengguna yang sering menyebarkan konten tak senonoh.

WhatsApp belum mengkonfirmasi kapan fitur ini akan dirilis. Saat ini sedang dalam pengembangan dan WhatsApp masih bisa melakukan perubahan agar pengguna bisa mengendalikan privasi mereka. [has]

Baca juga:
Fitur-fitur Canggih WhatsApp yang Tersembunyi
Daftar HP yang Sebentar Lagi Tak Bisa Digunakan WhatsApp
Cara membuat stiker WhatsApp, bisa pakai foto sendiri!
Facebook sebut celah keamanan videocall WhatsApp telah diperbaiki
Sebentar lagi WhatsApp bakal punya sticker keren!
Ini alasan dilarang buka pesan WhatsApp bulatan hitam

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini