Curiosity berhasil mendarat dan kirim gambar pertama dari Mars

Senin, 6 Agustus 2012 15:30 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
Gambar pertama Curiosity. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah menempuh perjalanan selama 8 bulan, rover penelitian Mars Curiosity akhirnya berhasil mendarat dengan selamat. Proyek Curiosity yang bernilai USD 2,5 milyar tersebut berhasil menjalani proses pendaratan selama 7 menit di Mars. Begitu mengerikannya proses tersebut sampai ilmuwan NASA menyebutnya 'Teror 7 menit'.

Seketika setelah Curiosity dinyatakan berhasil mendarat di Mars riuh tepuk tangan menggema di Laboratorium Jet Propulsi NASA. Para Ilmuwan NASA bergembira karena rover hasil kerja kerasnya tersebut tidak hancur dalam proses pendaratan.

ABCNews (05/08) mengabarkan beberapa menit setelah konfirmasi pendaratan Curiosity mengirimkan gambar pertamanya. Pada gambar itu tampak permukaan Mars, roda dan bayangan Curiosity sendiri. Pemandangan itu memberikan gambaran baru akan 'dunia lain' bagi umat manusia.

Curiosity adalah proyek paling berani dan mutakhir dari NASA. Sebelum misi di permukaan Mars ini sebanyak 40 pesawat antariksa telah dikirim oleh Amerika Serikat, Rusia, Jepang dan Eropa untuk memantau planet ke empat tata surya tersebut. Dari seluruh proyek pemantauan Mars tersebut sebanyak 26 proyek di antaranya gagal.

Setelah mendarat Curiosity akan langsung memulai misinya yaitu menemukan tanda kehidupan. Curiosity akan berusaha menemukan jejak senyawa kimia yang memungkinkan kehidupan mikroba di Mars. Jika ditemukan maka dapat menjadi sumber air, makanan, dan energi yang menjadi pilar utama kunjungan Manusia ke Mars kelak. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. NASA
  2. Planet Mars
  3. Curiosity
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini