Curiga akun Facebook atau Gmail tengah dibajak? Ini cara mengeceknya

Selasa, 27 Januari 2015 08:06 Reporter : Bramy Biantoro
Curiga akun Facebook atau Gmail tengah dibajak? Ini cara mengeceknya Tips mengecek akun Facebook yang diretas. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Akun facebook adalah salah satu akun internet yang paling sering dibajak. Namun, sering kali kita tidak sadar bila akun Facebook atau Gmail sudah diretas oleh seseorang.

Nah, untuk memastikan hal tersebut ada tips mudah mengeceknya.

Facebook

Untuk melihat apakah ada seseorang yang sedang membobol akun Facebook kita, caranya cukup mudah. Pertama-tama, arahkan kursor pada panah kecil yang terletak di bagian kanan atas laman Facebook Anda.

Saat muncul daftar opsi baru, pilih 'Pengaturan'. Setelah masuk dalam opsi pengaturan, tengok ke deretan opsi di bagian kiri dan pilih 'Keamanan'.

Di bagian ini, klik bagian 'Sunting' yang terletak di pilihan terbawah yaitu 'Tempat Anda Masuk'.

Nah, nanti akan muncul laman baru yang menunjukkan waktu, browser, dan lokasi login Facebook Anda. Bila Anda melihat ada aktivitas login yang aneh, Anda bisa menghentikan aktivitas tersebut. Hal ini akan membuat si pembobol keluar dari akun Anda.

Guna menjaga keamanan, disarankan untuk segera mengganti password Facebook Anda.

Gmail

Melihat apakah ada seseorang yang membobol akun Gmail Anda, caranya jauh lebih mudah. Tinggal masuk lewat Gmail di desktop, dan lihat scroll laman hingga ke bagian dasar.

Lihat bagian pojok kiri, lalu klik 'Detail' untuk membuka daftar aktivitas akun Gmail Anda. Sama seperti Facebook, apabila Anda melihat aktivitas yang mencurigakan seperti lokasi dan waktu login yang Anda rasa tidak Anda lakukan, segera hentikan aktivitas login tersebut dan ganti password.

Selamat mencoba! [bbo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini