Cicil, platform pembiayaan untuk mahasiswa dapat investasi seri A

Kamis, 16 Agustus 2018 13:10 Reporter : Fauzan Jamaludin
Cicil, platform pembiayaan untuk mahasiswa dapat investasi seri A Pendiri Cicil. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Cicil, platform pembiayaan angsuran terdepan untuk mahasiswa Indonesia, hari ini mengumumkan telah mendapatkan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures dan Vertex Ventures. Investor baru yakni K3 Ventures dan Ethos Partners, serta investor terdahulu Accord Ventures juga turut berpartisipasi dalam ronde ini. Investasi baru ini turut meningkatkan jumlah dana yang berhasil diraih Cicil hingga saat ini menjadi lebih dari US$ 5 juta.

Cicil memberikan bantuan keuangan kepada mahasiswa yang perlu untuk membayar biaya sekolah atau kebutuhan sekolah lainnya seperti laptop dan sebagainya. Sejak didirikan pada akhir tahun 2016, startup ini telah berkembang ke hingga 10 provinsi dan 29 kota di Indonesia, serta berhasil melayani mahasiswa di lebih dari 100 universitas.

"Kami melihat bahwa akses untuk keuangan merupakan masalah yang nyata bagi mahasiswa Indonesia dan kami berharap Cicil dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Kami juga berharap dapat mengatasi masalah serupa bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh Asia Tenggara. Dana baru ini akan memungkinkan kami untuk mempercepat ekspansi dan melayani lebih banyak lagi mahasiswa," ujar Leslie Lim, Co-Founder Cicil dalam keterangan resminya, Kamis (16/8).

"Kami benar-benar ingin memberikan dampak positif bagi kehidupan para mahasiswa ini dan memungkinkan mereka untuk memiliki pengalaman pendidikan sebaik mungkin. Selain itu, kami juga memiliki ambassador program yang menyediakan pelatihan untuk keterampilan halus (soft skill) dan memungkinkan mereka lebih siap untuk dunia kerja," kata Edward Widjonarko, Co-Founder Cicil lainnya.

Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures mengungkapkan, cicil bukan hanya sekedar perusahaan peminjaman lainnya. Leslie dan Edward memecahkan masalah paling kritikal di Indonesia, yakni pengembangan kapasitas manusia.

"Akses ke pendidikan sesungguhnya mampu meningkatkan standar hidup masyarakat, namun sistem pendidikan di Indonesia masih sangat mahal. Cicil mengisi kesenjangan ini dengan memberikan pembiayaan bagi para mahasiswa untuk membiayai pendidikan serta membeli kebutuhan belajar seperti laptop dan komputer," ujar Wilson.

"Kami senang dapat bersama-sama memimpin putaran investasi untuk Cicil dan membantu mereka melakukan ekspansi pada segmen pasar mahasiswa di Indonesia yang besar dan kurang tersentuh melalui platform pendanaan mereka yang unik dan telah terbukti," jelas Joo Hock Chua, Managing Partner dari Vertex Ventures. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
  2. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini