China salip Amerika sebagai pasar smartphone terbesar

Jumat, 31 Agustus 2012 16:10 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
China salip Amerika sebagai pasar smartphone terbesar Data riset IDC terhadap pasar smartphone dunia. ©2012 IDC

Merdeka.com - China terus menerus menjadi perhatian dunia. Kali ini dalam hal pemasaran smartphone, mereka akan menjadi pasar terbesar smartphone dunia. Hal ini berarti mereka menyalip Amerika Serikat yang biasanya menjadi pemimpin pasar.

Hal itu, berdasar informasi (30/08), merupakan hasil penelitian dari IDC, sebuah firma riset pasar, terhadap penjualan smartphone pada 2012. IDC memperkirakan total pengiriman smartphone China pada 2012 mencapai 26,5 persen , meningkat drastis dari raihan 18,3 persen pada tahun lalu. Hal ini berakibat pada turunnya raihan Amerika serikat dari 21,3 persen pada tahun lalu menjadi 17,8 persen pada tahun ini.

IDC memperkirakan, permintaan terbesar ada pada smartphone murah yang menggunakan sistem operasi Android. Golongan ini akan terus tumbuh sebagai golongan terbesar pasar smartphone dunia. Hal ini juga tergambar pada naiknya pasar smartphone China.

Pertumbuhan penjualan smartphone pada Amerika Serikat dan inggris akan rendah. Hal ini karena smartphone telah dimiliki oleh sebagian besar masyarakatnya. Kedua negara tersebut akan menjadi pasar smartphone terbesar kedua dan ketiga.

India sebagai negara berpenduduk terbesar kedua di dunia juga terus tumbuh sebagai pasar terbesar smartphone dunia.

Penjualan di China akan terpacu pada smartphone Android yang berharga kurang dari satu juta. Banyak produsen China yang memiliki produk pada rentang harga tersebut.

Saat ini Samsung menjadi produsen terbesar smartphone Android di China maupun dunia. Diikuti produsen lokal macam Huawei (HTC), ZTE dan Lenovo. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. China
  2. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini