Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Penginapan

Jumat, 31 Mei 2019 11:09 Reporter : Merdeka
Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Penginapan ilustrasi hacker. © Rt.com

Merdeka.com - Waktu Lebaran kerap menjadi waktu untuk berlibur. Bagi sebagian pemudik bosan di rumah selama libur panjang ini, ada kalanya momen mudik dihabiskan di hotel atau penginapan.

Nah, baru-baru ini terdapat kasus yang dapat menjadi pelajaran bagi keluarga yang hendak menginap di hotel. Kaspersky Lab melaporkan, pada April 2019, sebuah keluarga yang menginap di Irlandia mendapati kegiatan mereka di kamar disiarkan langsung melalui kamera tersembunyi.

Peneliti keamanan Kaspersky Lab memberikan beberapa tips mengenai cara mendeteksi ruangan kamar hotel yang kamu tempati tidak diintai.

"Berita terkini tentang pengintaian diam diam di akomodasi penginapan membuktikan bahwa pengawasan rahasia bukan hanya sesuatu yang Anda lihat di film, namun itu juga terjadi dalam kehidupan nyata," kata Marco Preuss, peneliti keamanan di Kaspersky Lab.

Marco menyarankan pelancong menggunakan alat yang berfungsi memantau kehadiran mikrofon dan kamera tersembunyi. Alat tersebut bernama GPS Tracking Detector Bug Sweep Counter Surveillance. Selain kemampuan mengacak GPS, alat ini memiliki pemindai frekuensi radio, dan dioda pemancar cahaya.

Marco menyebut, dengan alat ini, kamu dapat menemukan sumber apa pun yang memancarkan gelombang elektromagnetik dan mencari kamera tersembunyi.

Sementara itu, agar suara obrolanmu tak dikuping orang lain, ada baiknya, kata Marco, pelancong membuat suara bising. Suara itu dapat dihasilkan dari air keran yang menyala atau menggunakan layanan Noisli.

Selain intaian kamera dan mikrofon tersembunyi, saat-saat lebaran perlu untuk menghindari pencurian data melalui data WiFi. Jangan menghubungkan mobile banking saat menggunakan jaringan WiFi umum.

Sumber: Dream.co.id

Reporter: Maulana Kautsar [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Hacker
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini