Cara Kerja di Balik Kilatnya Pemindai Sidik Jari Ultrasonik di Samsung Galaxy S10

Kamis, 21 Februari 2019 15:52 Reporter : Indra Cahya
Cara Kerja di Balik Kilatnya Pemindai Sidik Jari Ultrasonik di Samsung Galaxy S10 Samsung Galaxy S10 dan S10+. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Pemindai sidik jari dalam layar sudah jadi fitur yang ada di smartphone sejak tahun lalu. Vivo NEX, OnePlus 6T, Huawei Mate 20 Pro, dan masih banyak lagi perangkat lain membawa fitur ini.

Namun Samsung Galaxy S10 terbaru membawa perubahan baru terhadap fitur ini, di mana terdapat jaminan kalau pemindai sidik jari ini akan jadi yang paling cepat dan akurat.

Hal ini berkat pemindai sidik jari berbasis ultrasonik yang berbeda dengan pemindai sidik jari bawah layar biasa.

Apa bedanya? Berikut ulasannya melansir dari Android Authority.

Cara Kerja Pemindai Sidik Jari Ultrasonik

Pemindai sidik jari ultrasonik yang ada di Samsung S10 dikembangkan oleh pabrikan prosesor Qualcomm yang menggunakan konsep berbeda dengan pemindai sidik jari bawah layar lainnya.

Jika pemindai sidik jari bawah layar lain memindai sidik jari menggunakan fotografis atau kapasitif, milik Qualcomm menggunakan suara ultrasonik. Tentu Anda tak bisa mendengarnya, namun gelombang suara ini digunakan untuk memetakan detil sidik jari Anda.

Jadi, hanya dengan menyentuhkan jari ke layar, pemindai sidik jari ini akan bekerja dengan baik.

Cara kerjanyaa adalah dengan menggunakan pemancar dan penerima layaknya pemindai biasa. Gelombang ultrasonik ditransmisikan ke arah jari yang akan diletakkan di atas pemindai. Hal ini akan membuat tekanan pancaran gelombang ini akan terserap dan sebagiannya dipantulkan kembali ke sensor.

Meskipun ini menggunakan suara, namun pemancar dan penerimanya bukanlah speaker dan mikrofon. Alih-alih, terdapat sebuah sensor yang dapat mendeteksi tekanan mekanis yang digunakan untuk menghitung intensitas pancaran ultrasoik yang kembali ketika jari ditempelkan. Dari sini detil sidik jari kita telah terekam secara 3D dengan rinci dan detil.

Qualcomm menyebut bahwa latensi membuka kunci dari pemindai sidik jari ini adalah 250 milidetik, dan ini setara dengan pemindai sidik jari konvensional yang telah cukup cepat.

Nah, tertarik untuk membawa pulang Samsung S10 dengan pemindai sidik jari canggihnya? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Samsung Galaxy S10
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini