Cara Hemat Kuota Data Untuk Streaming YouTube

Selasa, 9 Juli 2019 16:00 Reporter : Indra Cahya
Cara Hemat Kuota Data Untuk Streaming YouTube Youtube Go. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu media yang sedang populer dikonsumsi kini adalah YouTube. Tak cuma untuk dikonsumsi, bahkan banyak sekali yang tumbuh menjadi kreator untuk berkarya lewat platform YouTube.

Permasalahan utama dari Youtube adalah aplikasi berbagi video besutan Google ini menyedot cukup banyak kuota. Jadi untuk berlama-lama menikmati konten YouTube, pada dasarnya bukan hal yang gratis, bahkan cukup mahal, setara dengan bergiga kuota seluler.

Namun tenang, ada beberapa tips dan trik untuk menghemat kuota data meski kita berlama-lama memantengi konten YouTube dari kreator favorit Anda. Melansir berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Gunakan YouTube Go

Youtube Go adalah sebuah aplikasi Youtube yang didesain untuk konektivitas yang terbatas atau harga paket data yang mahal. Ini adalah solusi dari Google untuk para pecinta video dari platform Youtube di daerah dengan koneksi yang masih belum terlalu memadai.

Youtube Go ini membuat pengguna dapat mengunduh video untuk penayangan offline. Selain itu, video tersebut dapat dibagian pengguna secara lokal, seperti koneksi kabel atau nirkabel non jaringan secara perangkat ke perangkat, tanpa menggunakan lebih banyak data lagi.

Youtube Go sendiri memiliki beberapa fitur serupa yang dipunyai Youtube reguler, namun penggunaannya otomatis memakan sedikit data. Seperti streaming video dan pengunduhan video, konten yang disarankan secara personal, serta berbagi video ke perangkat lain tanpa data.

2. Turunkan Kualitas Video

Cara paling mudah untuk mengehmat data adalah dengan menurunkan kualitas video menjadi lebih kecil. Jika Anda menonton dengan kualitas HD atau 720p, tentu data yang termakan akan lebih banyak. Jika Anda mau sedikit kompromi dengan menonton kualitas agak 'pecah' di resolusi 480p, 360p atau bahkan 240p, kuota akan lebih sedikit terpakai.

3. Gunakan Browser Penghemat Data

Beberapa browser menerapkan fitur penghematan data dan juga baterai sebagai unggulan. Salah satunya Opera Max, yang di beberapa smartphone telah terpasang secara default.

Browser semacam ini bisa diatur untuk lebih mengkompresi data dari aplikasi yang tersedia di smartphone Anda. Nah, jika mengaksesnya dari browser ini, otomatis jumlah data yang dikonsumsi akan lebih sedikit.

Anda bisa mendapatkan Opera Max di Google Play Store maupun App Store.

4. Trik Wifi

Jika Anda kerap berada di deretan lokasi dengan wifi seperti kampus, kantor atau tempat umum, ada trik menghemat kuota yang bisa Anda lakukan. Yakni untuk tidak lupa masukkan video-video yang ingin Anda tonton ke Watch Later ketika sedang tak ada akses wifi, lalu unduh video-video tersebut ketika ada wifi. Jadi ketika Anda sedang tak terhubung wifi, Anda bisa menonton video unduhan Anda tanpa memakan data sedikit pun. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Youtube
  2. Tekno Tips
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini