Bulan kelima Pluto berhasil ditemukan

Kamis, 12 Juli 2012 10:19 Reporter : Dwi Andi Susanto
Bulan kelima Pluto berhasil ditemukan Gambar bulan kelima Pluto yang berhasil diabadikan NASA dengan menggunakan Hubble Wide Field Camera 3 (© Theregister.co.uk)

Merdeka.com - Sebuah penemuan baru kembali dilaporkan. Menurut berita yang dituliskan oleh CBSnews.com, NASA dengan menggunakan teleskop Hubble Space berhasil menemukan bulan dengan ukuran kecil yang mengelilingi dwarf planet atau planet kecil bernama Pluto.

"NASA berhasil menemukan bukti bahwa ternyata Pluto memiliki 5 bulan kecil yang mengelilinginya," ungkap Alan Stern Southwest Research Institute, Boulder, Colo. Selama ini para astronom mengetahui bahwa Pluto hanya memiliki 4 bulan yang dinamakan Charon yang berukuran 648 mil, Nix dan Hydra dengan ukuran 20 sampai 70 mil, dan P4 yang memiliki ukuran 8 sampai 21 mil. Sedangkan bulan baru tersebut belum dapat dipastikan berapa diameter luasnya.

"Orbit baru Pluto ini lebih mirip dengan P4 daripada Charon," ungkap Stern kepada Space.com. NASA juga berhasil mendokumentasikan keberadaan bulan baru Pluto yang awalnya disebut dengan S/2012 (134340) 1 dan akhirnya diubah menjadi P5 tersebut.

Perkiraan sementara adalah P5 ini memiliki diameter seluas 6 sampai 15 mil lebih kecil dari luas diameter total Pluto yaitu 29 ribu mil. NASA menemukan bulan Pluto pertama kali yaitu Charon pada tahun 1978 kemudian pada tahun 2005 dua bulan lainnya, Nix dan Hydra ditemukan.

Menurut Nasa.gov, bulan kelima Pluto ini diabadikan dengan menggunakan Hubble Wide Field Camera 3 pada tanggal 26, 27, 29 Juni dan 7, 9 Juli lalu. Para astronom juga masih ingin terus mengembangkan penelusuran mereka terhadap planet yang memiliki jarak sangat jauh dari bumi ini.

Seperti yang disepakati dalam International Astronomical Union (IAU), Prague, Rep. Ceko, mayoritas astronom mengatakan bahwa Pluto tidak lagi masuk dalam tatanan tata surya manusia karena Pluto digolongkan ke dalam dwarf planet atau planet kecil. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Planet Pluto
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini