Bulan depan, produk Indonesia bakal ikut Singles day Alibaba

Selasa, 16 Oktober 2018 09:00 Reporter : Fauzan Jamaludin
Jack Ma Alibaba. ©Reuters

Merdeka.com - Pendiri Alibaba, Jack Ma telah bertemu dengan sejumlah menteri saat acara IMF World Bank Annual Meeting di Bali. Dalam pertemuan itu, disepakati kerja sama pemasaran melalui platform marketplace Alibaba. Tujuannya adalah memperluas jaringan pasar produk-produk Indonesia melalui Alibaba.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa pertemuan dengan Jack Ma ini merupakan tindak lanjut dari pembahasan sebelumnya. Waktu itu, saat acara penutupan Asian Games 2018, Jack Ma turut hadir dan menyempatkan bertemu dengan Presiden Jokowi serta sejumlah menteri membahas tentang e-commerce.

"Kami dengar bahwa Indonesia mendapat dukungan penuh dari Jack Ma dan Alibaba. Jadi Indonesia akan menyediakan produk agar bisa dipajang di e-Commerce asal China itu," kata Rudiantara yang dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Selasa (16/10).

Selain itu, Rudiantara mengatakan, produk Indonesia juga turut serta dalam event Singles day pada 11 November mendatang. Jika di Amerika Serikat ada Black Friday dan Cyber Monday untuk membuka perdagangan dengan diskon retail, di China even Singles' Day digunakan Alibaba sebagai wahana untuk mempromosikan diskon pengecer pada platform e-commerce sejak 2009.

Jack ma juga sempat menyatakan akan membangun sebuah institute guna melatih ribuan entrepreneur teknologi di Indonesia. Menurutnya, investasi di bidang sumber daya manusia sangatlah penting bagi Indonesia. Apalagi, negeri ini disebut kekurangan engineer terlatih dalam bidang teknologi. Maka itu, kehadiran Jack Ma Institute diharapkan dapat melatih ratusan engineer di bidang komputasi awan.

"Sebab dengan peningkatan sumber daya, dengan perubahan pola pikir, dengan peningkatan keahlian dan skill, kita bisa memasuki periode digital," katanya. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Alibaba
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini