Bulan akan mendekat ke bumi 4 hari lagi

Rabu, 19 Juni 2013 00:33 Reporter : Alvin Nouval
Bulan akan mendekat ke bumi 4 hari lagi bulan. shutterstock

Merdeka.com - Satu lagi fenomena alam yang akan terjadi dalam minggu ini. Apalagi jika bukan Supermoon atau penampakan bulan dari bumi yang akan terlihat sangat besar.

Seperti yang dilansir oleh Cnet (16/6), diperkirakan akan muncul penampakan dari bulan dalam jarak dekat pada minggu ini. Hal ini akan terjadi antara tanggal 22 atau 23 Juni 2013 tergantung belahan bumi mana yang digunakan untuk melihat fenomena ini.

Supermoon kali ini sendiri dipercaya akan menjadi salah satu fenomena supermoon paling hebat sepanjang sejarah. Hal ini dikarenakan besarnya bulan yang akan terlihat nanti.

Diperkirakan, saat fenomena ini terjadi, bulan akan terlihat lebih dekat dan besar. jaraknya dari bumi akan mencapai 356 ribu km saja atau 48 ribu km lebih dekat dari bumi.

Bulan pun akan terlihat lebih terang saat fenomena ini terjadi. Hal ini lantaran posisinya yang juga akan lebih dekat dengan matahari.

Supermoon sendiri adalah sebuah fenomena yang membuat ukuran bulan lebih besar dari biasanya ketika dilihat dari bumi. Hal ini dikarenakan posisi matahari, bumi dan bulan yang sejajar sehingga daya tariknya membuat bulan lebih mendekat ke arah matahari dan bumi. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Astronomi
  2. Planet Bumi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini