Bos Telkom soal IndiHome: Pelanggan normal tak masalah, kok!

Senin, 1 Februari 2016 20:09 Reporter : Fauzan Jamaludin
Bos Telkom soal IndiHome: Pelanggan normal tak masalah, kok! IndiHome. Techno.id

Merdeka.com - Telkom baru saja menerapkan kebijakan Fair Usage Policy (FUP) untuk IndiHome per 1 Februari 2016. Kebijakan tersebut ternyata banyak menimbulkan kritikan dari para penggunanya.

Pasalnya, kebijakan yang diterapkan adalah dengan menurunkan kecepatan jaringan internet pengguna setelah pengguna mencapai batas pemakaian wajar yang telah ditentukan.

Kebijakan Telkom tersebut, ditanggapi oleh Dian Rachmawan, Direktur Consumer Service Telkom. Menurutnya, kebanyakan pelanggan yang heavy user itu seringkali menyalahgunakan fasilitas unlimited. Yang dimaksudnya heavy user ini, seperti penggunaan untuk bisnis warnet atau download untuk bisnis film maupun games bajakan. Akibat dari pemakaian yang tidak wajar itu, berakibat mengganggu pengguna lain yang membayar dengan tarif yang sama.

"Bahkan ada juga pelanggan yang menjual kembali layanan Internet kepada tetangga – tetangga di sekitarnya," jelasnya saat dikonfirmasi perihal tersebut, Jakarta, Senin (1/2).

Kata Dian, berdasarkan hasil ujicoba mereka, pihaknya menyatakan tidak ada satupun pelanggan IndiHome yang protes terhadap kebijakan itu. Pasalnya, para pelanggan yang notabene tidak menyalahgunakan fasilitas unlimited itu tidak pernah melampaui batasan FUP tersebut.

"Yang komplain ternyata yang melakukan resell seperti warnet dan mini operator tanpa lisensi", ujarnya.

Sekadar informasi, FUP merupakan kebijakan pemakaian yang melindungi pengguna yang wajar (normal user) dari pemanfaatan pemakaian berlebihan (tidak wajar) oleh pengguna berat (heavy user). Negara - negara lain seperti : Amerika, Jepang, dan Malaysia telah menerapkan FUP. [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. PT Telkom
  2. Internet
  3. Jakarta
  4. IndiHome
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini