Bos Indosat Ooredoo: Uji coba balon internet Google tetap dilakukan

Selasa, 31 Mei 2016 10:18 Reporter : Fauzan Jamaludin
Bos Indosat Ooredoo: Uji coba balon internet Google tetap dilakukan Balon internet Google Indonesia. ©2016 Merdeka.com / The Verge

Merdeka.com - CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, menegaskan, jika uji coba balon internet Google akan tetap berjalan sesuai dengan rencana. Namun, kendala saat ini ialah menunggu izin terbang di wilayah Indonesia.

Kekhawatiran lamanya proses itu, membuat banyak orang bertanya-tanya akankah balon internet Google jadi terbang di Indonesia. Menurutnya, yang pasti uji coba balon internet Google akan tetap dilakukan dan terpaksa 'ngaret' jika aturan izin terbang belum didapatkan.

"Mereka (Google) udah keluar uang miliaran dollar untuk proyek uji coba ini. Jadi rasanya tidak mungkin batal. Apalagi di negara-negara lain udah jalan. Hanya saja, kalau izin belum keluar, kemungkinan proyek ini akan tertunda," jelasnya saat ditemui sesuai peluncuran layanan Freedom Combo IM3 di gedung Indosat Ooredoo, Jakarta, Senin (30/05).

Alex menambahkan, dari sisi teknis pada dasarnya segala persiapan menyambut balon internet itu telah dilakukan secara matang. Ada beberapa peralatan yang harus diatur sehingga nantinya saat balon internet mengudara di langit Indonesia, dipastikan sudah bisa terhubung.

"Pokoknya hubungan antara balon dan tempat kita sudah bisa tersambung. Tapi tinggal balonnya aja belum masuk sini. Karena belum ada izin," terangnya.

Sebelumnya, Tiga operator selular Telkomsel, XL, dan Indosat telah menyepakati uji coba teknis Project Loon alias balon Google di Indonesia untuk mengangkasa pada kuartal pertama tahun 2016.

Balon internet Google ini diklaim terbang di atas jalur pesawat. Balon Google ini rencananya akan terbang di atas kawasan timur Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, untuk menyebarkan sinyal 4G LTE melalui frekuensi 900 MHz. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini