Blog dan situs Malaysia blackout protes peraturan baru

Rabu, 15 Agustus 2012 09:50 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
Blog dan situs Malaysia blackout protes peraturan baru Internet Blackout Day Malaysia. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Aktivis internet Malaysia kembali beraksi menolak undang-undang baru di malaysia. Undang-undang yang dimaksud adalah Section 114A dari Evidence Act. Undang-undang baru tersebut bila diterapkan maka dapat menyeret pemilik blog ke meja pengadilan hanya karena ada komentar bernada fitnah di blog miliknya.

Aksi yang disebut Internet Blackout Days ini dilakukan pada hari Selasa (14/08). Pada hari itu peserta protes menghitamkan layar home situs/blog mereka sebagai bentuk protes.

Secara lebih rinci, perundangan baru tersebut pemilik web, blog dan alat komunikasi bertanggung jawab atas keberadaan komentar fitnah di media milik mereka tersebut. Pertanggungjawaban juga berlaku walaupun komentar tersebut bukan berasal dari mereka sendiri.

Situs berita Malaysiakini, bersama 60 situs berita, situs komersil, blog ternama berpartisipasi pada Internet Blackout Day ini.

"Dengan kata lain, jika komentar fitnah ditampilkan dalam blog, pemilik blog dapat dituduh atau didakwa melakukan fitnah," ungkap Malaysiakini (14/08) dalam website mereka.

12 Jam setelah protes berjalan, Perdana Menteri Malaysia, Najib Abdul Razak memerintahkan kabinetnya untuk mendiskusikan amandemen kontroversial tersebut. Pemerintah Malaysia menolak laporan yang menyatakan bahwa amandemen tersebut untuk membungkam kritik kepada Pemerintah sebelum pemilihan umum. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Malaysia
  3. Internet
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini