Blake Ross, sosok pencipta FireFox di usia belia

Senin, 27 Juli 2015 20:04 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Blake Ross, sosok pencipta FireFox di usia belia blake ross. © news.com.au

Merdeka.com - Mozilla Firefox merupakan browser yang sangat populer di setiap komputer, laptop, ataupun netbook. Di tahun 2009 saja, pendapatan Mozilla tembus Rp 1,3 triliun. Dengan keberhasilan Mozilla yang sangat pesat tersebut, banyak orang yang bertanya-tanya, siapa sebenarnya pendiri browser ini?

Blake Aaron Ross adalah orang yang memulai pengembangan browser Mozilla Firefox. Laki-laki yang lahir pada 12 Juni 1985 ini memulai proyek Mozilla Firefox bersama dengan Dave Hyatt.

Blake Aaron Ross memang telah mencintai teknologi sejak kecil. Ketika baru berusia 10 tahun, dia berhasil mengembangkan website untuk pertama kalinya. Dia kemudian memulai belajar pemrograman di sekolah menengah. Tetapi, ketika dia memasuki perkuliahan di Stanford University pada tahun 2003, Blake Ross lebih memilih keluar dan fokus pada pekerjaannya.

Di tahun berikutnya, November 2004, remaja berusia 19 tahun ini berhasil merilis Mozilla Firefox dengan temannya, Dave Hyatt. Browser yang dia kembangkan tersebut, meraih pangsa pasar yang menakjubkan. Mozilla Firefox mengalahkan Internet Explorer dengan 100 juta download dalam kurun waktu kurang dari setahun.

Walaupun saat ini keberadaan Mozilla mulai di geser oleh Chrome buatan Google, tetapi Mozilla terus berinovasi. Bahkan, setelah Mozilla Firefox 4, Blake Ross dan timnya memberikan update baru setiap 6 sampai 10 minggu dalam upaya mengimbangi Chrome. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. TekStory
  2. Internet
  3. Mozilla
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini