Black Friday, harga gadget dikepras habis-habisan

Jumat, 29 November 2013 18:07 Reporter : Alvin Nouval
Black Friday, harga gadget dikepras habis-habisan Ilustrasi black friday. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Per-Arne

Merdeka.com - Jika Anda berencana untuk membeli gadget dalam jumlah banyak, mungkin sekarang adalah saat yang tepat. Pasalnya, di hampir seluruh belahan dunia, perangkat elektronik mulai dari smartphone sampai konsol game dikepras harganya.

Di Amazon.com misalnya, gadget-gadget kelas atas yang biasanya harus dibeli dengan harga jutaan bisa dijual dengan harga hanya ratusan ribu rupiah saja. Hal ini dikarenakan Amazon menyelenggarakan program black friday yang isinya memberikan diskon pada barang-barang tertentu mulai 20-50 persen.

Sebagai contoh, Samsung Galaxy Tab 3 dengan ukuran 10,1 inci yang biasanya dijual dengan harga USD 399 atau setara Rp 4,7 juta kini dipotong harga 20 persen sehingga dijual USD 299 atau sekitar Rp 3,5 juta.

Hal yang sama juga nampak di Apple Store di Amerika Serikat, toko gadget khusus milik Apple. Namun, bukan diskon yang ditawarkan Apple untuk para pembeli gadgetnya, Apple lebih menawarkan Gift Card yang sejatinya bisa digunakan pula sebagai diskon untuk perangkat yang dibeli.

Sayangnya, Apple tidak menawarkan kartu voucher ini untuk perangkat iPhone 5S maupun 5C. Tercatat, hanya iPad terbaru, MacBook, iPod, dan beberapa aksesoris saja yang dilengkapi dengan gift card yang nilainya mampu mencapai USD 150 atau sekitar Rp 1,8 juta.

Untuk konsol game seperti Xbox One dan PS4 ternyata juga diberikan diskon khusus senilai jutaan rupiah. Walmart misalnya, berani menjual kedua konsol kelas wahid ini dengan harga hanya USD 199 atau Rp 2,3 jutaan saja.

Sayangnya, promo seperti ini kebanyakan hanya ditawarkan di Amerika Serikat saja dan beberapa belahan dunia saja. Tidak ada promo serupa di Indonesia yang ditemukan di hari Jumat ini.

Black Friday sendiri adalah hari libur yang berbarengan dengan libur Thanksgiving di Amerika Serikat. Biasanya retailer besar di Amerika Serikat mulai menawarkan diskon gila-gilaan untuk produk yang dijualnya pada hari ini hingga Natal mendatang. [nvl]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini