Bill Gates Pernah Prediksi Bahwa Pandemi Adalah Ancaman Umat Manusia

Rabu, 18 Maret 2020 18:00 Reporter : Indra Cahya
Bill Gates Pernah Prediksi Bahwa Pandemi Adalah Ancaman Umat Manusia Bill Gates - Melinda Gates. © Fortune

Merdeka.com - Biliuner yang juga mantan bos Microsoft Bill Gates, ternyata sudah pernah menyebut bahwa ancaman terbesar manusia di masa depan adalah pandemik virus.

Meski tidak menyebut secara pasti virus Corona, prediksi itu sudah diungkapkan Bill lima tahun lalu.

Bill mengungkapkan prediksinya itu saat menjadi pembicara dalam acara TED Talk 2015. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan masalah terbesar manusia berasal dari mikroba, bukan misil.

"Jika ada sesuatu yang dapat membunuh 10 juta orang dalam satu beberapa dekade, kemungkinan besar merupakan virus dengan infeksi tinggi, ketimbang perang," tutur Bill Gates seperti dikutip dari akun YouTube TED, via Tekno Liputan6.com.

Suami Melinda Gates itu juga menyoroti ketidaksiapan pemerintah dunia terhadap pandemik yang mungkin terjadi. Menurut dia, tidak banyak pemerintah yang berinvestasi pada sistem untuk menghentikan epidemik.

"Kita tidak siap untuk epidemik selanjutnya," tuturnya di kala itu. Dia pun sempat menceritakan, salah satu penyebaran ebola yang begitu cepat karena memang saat itu belum ada sistem untuk menanganinya.

Bill Gates juga menyoroti sistem kesehatan global yang dianggap belum menyiapkan sebuah perlakuan yang perlu dilakukan untuk menghadapi epidemik, mulai dari piranti hingga personel kesehatan.

1 dari 1 halaman

Prediksi Soal Virus Baru

Pendiri Microsoft itu juga menyebut ada kemungkinan di masa depan ada virus berbeda dari yang ditemukan saat ini, seperti ebola.

Dia menuturkan, salah satu faktor yang membuat penyebaran ebola berhenti adalah penderitanya benar-benar harus istirahat, sehingga dia tidak menularkan virus tersebut. Namun di masa depan, hal itu dapat berbeda.

"Jadi selanjutnya, kita mungkin tidak terlalu beruntung. Ada orang yang terjangkit virus, tapi masih sehat meski terinfeksi, sehingga mereka bisa naik pesawat atau ke pasar," tuturnya lebih lanjut.

Sumber virus ini, menurut Bill, bisa saja merupakan epidemik alami, seperti ebola atau bioterorisme. Karena itu, dia mendorong agar pemerintah global membangun sistem respons yang sangat bagus untuk menghadapi hal ini.

Terlebih, saat ini manusia sudah memiliki teknologi, ilmu, dan kemajuan di bidang biologi yang dapat diberdayakan untuk membuat sistem semacam itu.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar [idc]

Baca juga:
Astronom Temukan Oksigen Molekular di Luar Galaksi Bima Sakti
Misi Peluncuran Robot Mars oleh Eropa dan Rusia Tertunda Hingga 2022
NASA Temukan Asteroid Berkecepatan Tinggi yang Mengarah ke Bumi, Bahaya?
Sampah Durian Bisa Jadi Pembangkit Listrik, Mampu Isi Mobil Listrik!
Wabah Corona Merebak, Tiongkok Kini Bebas Polusi
Penganut Bumi Datar Ini meninggal Pasca Kecelakaan Dari Roket Buatan Sendiri
Jepang Segera Luncurkan Misi Eksplorasi ke Mars

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bill Gates
  3. Sains
  4. Virus Corona
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini