Berebut pasar jual beli online mobil bekas

Kamis, 7 September 2017 15:57 Reporter : Fauzan Jamaludin
Berebut pasar jual beli online mobil bekas Berebut pasar jual beli online mobil bekas. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bisnis e-commerce nampaknya masih sakti membius para pebisnis. Mereka berlomba-lomba membuat layanan jual beli online dengan harapan kelak mendapatkan cuan. Tak terkecuali e-commerce jual beli mobil bekas, BeliMobilGue.co.id.

E-commerce baru besutan Rolf X. Monteiro ini sepertinya tak ciut nyali manakala pesaingnya seperti Carmudi dan Mobil123 telah lebih dulu mencengkeramkan cakarnya di pasar Indonesia.

Menurut Rolf, pasar jual beli mobil bekas secara online di Indonesia cukup menarik untuk digali kembali. Terlebih dengan strategi yang berbeda dengan yang sudah ada, dia yakin menang. Senada dengan Rolf, VP Acquisition BeliMobilGue.co.id, Alexander Alvin, industri jual beli mobil bekas memiliki prospek yang bagus. Apalagi, kata dia, saat ini bisnis otomotif dianggap sebagai penopang ekonomi republik ini.

"Prospeknya sangat bagus. Otomotif juga telah lama menjadi backbone perekonomian tanah air. Industrinya akan terus tumbuh," ungkap Alvin saat acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/9).

Maka itu, kata dia, strategi yang ditawarkan pun berbeda. Selain menyediakan platform untuk menjual mobil secara gratis, mereka juga ikut campur dalam prosesnya. Maksudnya, mobil yang akan dijual, dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu kemudian ditawarkan dengan harga yang komprehensif.

Pemeriksaan tersebut, dilakukannya di pusat inspeksi BeliMobilGue.co.id yang tersebar di 300 titik wilayah Jabotabek. Seperti pada umumnya, pusat inspeksi ini akan meliputi pengecekan fisik mobil secara keseluruhan seperti mesin, rem, ban, dan uji coba mengendarai kendaraan.

Meski pemain baru, platform iklan jual beli mobil bekas ini pun tak mau kalah dengan para pesaingnya. Mereka mengklaim mampu menjual mobil dalam waktu 1 jam. Namun, sebetulnya hal itu bukanlah perkara mudah. Sebab, sebagai pemain baru, rasanya butuh waktu.

"Membangun platform yang bisa menghasilkan kecepatan transaksi butuh waktu dan investasi cukup besar," ujar Edward Killian Suwignyo, Chief Marketing Officer OLX Indonesia.

Menurutnya, klaim seperti itu sah-sah saja. Namun, alangkah baiknya perlu dibuktikan.

"1 Mobil saja atau lebih banyak?" kata dia.

Terlepas hal itu, Rolf mengatakan fokusnya saat ini adalah mengembangkan bisnisnya. Misalnya saja meningkatkan jumlah lokasi inspeksi dan sumber daya manusia. Sekadar informasi, BeliMobilGue.co.id memiliki perusahaan induk yang berbasis di Singapura.

Sejak berdiri pada April 2017 hingga saat ini, mereka telah mendapatkan dua kali pendanaan di tahap awal dari investor lokal. Bahkan, kini perusahaannya sedang menuju kea rah fundraising series A yang selanjutnya. [gni]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini