Belum genap satu tahun, Windows 8 ungguli Windows Vista

Selasa, 2 Juli 2013 13:15 Reporter : Dwi Andi Susanto
Belum genap satu tahun, Windows 8 ungguli Windows Vista Windows © Smh.com.au

Merdeka.com - Akhirnya, salah satu versi dari Windows yaitu 8 berhasil ungguli Vista dalam hal penggunaan dan market sharenya.

Sebuah analisis yang ditampilkan oleh Net Market Share menunjukkan bahwa operating system untuk PC dan laptop terbaru dari Microsoft yaitu Windows 8 berhasil ungguli Windows Vista.

Uniknya, usia dari keduanya terpaut lumayan jauh dan Windows 8 juga masih genap berumur 1 tahun.

Dalam diagram tersebut menunjukkan bahwa, sampai Juni 2013, Windows Vista mengalami penurunan dalam hal desktop operating system market share.

Selain itu, tercatat bahwa dalam satu tahun, market share Windows Vista terus melorot dari 6,15 persen di Agustus 2012 menjadi 4,62 persen di bulan Juni 2013.

Walaupun tersedia untuk pasaran umum sejak tanggal 26 Oktober 2012, namun Windows 8 diperkenalkan ke publik pertama kali pada tanggal 01 Agustus 2012. Untuk itu, penghitungan di Net Market Share dimulai pada bulan yang Agustus.

Apabila Vista terus menurun, tidak untuk Windows 8. Dalam grafiknya, mulai Agustus 2012 sampai Juni 2013, Windows 8 mengalami peningkatan dari 0,23 persen menjadi 5,1 persen.


Namun hasil yang berbeda ditampilkan oleh StatCounter. Dalam grafik di situs analytic online ini menunjukkan bahwa dalam skala global mulai April sampai Juni 2013, popularitas Vista masih unggul dibandingkan dengan Windows 8.

Dalam StatCounter tersebut nampak bahwa Windows Vista memperoleh 5,73 persen, sedangkan Windows 8 hanya menduduki peringkat di bawahnya dengan perolehan sebesar 5,3 persen.


Untuk lingkup Indonesia sendiri, dalam statistik StatCounter, justru Windows 8 menduduki peringkat 3 dengan perolehan 3,62 persen dan Windows Vista hanya berada di posisi ke 7 dengan perolehan sebesar 1,03 persen saja.


So, apabila Anda termasuk pengguna desktop PC atau laptop, operating system mana dari Microsoft versi mana yang sekarang Anda gunakan? Dan kenapa Anda masih tetap menggunakan OS tersebut?

// [das]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini