Begini Prediksi Iklim dan Temperatur Indonesia 30 Tahun ke Depan, Makin Gerah?

Senin, 15 Juli 2019 13:29 Reporter : Indra Cahya
Begini Prediksi Iklim dan Temperatur Indonesia 30 Tahun ke Depan, Makin Gerah? Fakta ngeri tentang pemanasan global, salah satu penyebab kiamat. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemanasan global tak bisa dimungkiri kedatangannya. Sementara belahan Bumi lain mengalami dampak, efek terbesar nampaknya akan terjadi bagi kita yang tinggal dekat ekuator.

Berdasarkan studi ilmiah, kota-kota tropis akan memiiliki iklim yang belim pernah dialami kota besar sebelumnya, hanya dalam kurun waktu 30 tahun.

Studi ini dihelat oleh Crowther Lab, yang merupakan sekelompok ilmuwan yang melakukan riset interdisipliner soal iklim yang berbasis di Swiss, dikutip dari Business Insider.

Dari laporan ini, secara umum disebut bahwa sebagian besar kota besar akan menemui suhu yang lebih tinggi (lebih panas), namun punya perbedaan ekstrem antara suhu harian maksimum dan minimum. Hal ini akan membuat siang hari makin panas namun malam hari makin dingin.

Namun khusus di kota-kota tropis, iklim akan makin kering namun didominasi cuaca yang lebih ekstrem. Seperti hujan badai serta kekeringan parah. Hal ini tentu juga akan terjadi di Indonesia serta negara Asia Tenggara dengan letak dekat ekuator, seperti Singapura dan Malaysia.

Temperatur Naik

Menurut laporan Crowther Lab, beberapa kota di Indonesia akan mengalami kenaikan temperatur pada tahun 2050. Seperti Jakarta, yang akan mengalami kenaikan sebesar 3,1 derajat Celcius, Bogor naik 2,6 derajat Celcius, Bandung 1,8 derajat Celcius, Surabaya 1,4 derajat Celcius, dan Malang 1,8 derajat Celcius.

Di Sumatera juga mengalami kenaikan serupa di tahun 2050. Yakni Bandar Lampung naik 2,2 derajat Celcius, Palembang 3 derajat Celcius, Padang 1,8 derajat Celcius, Pekanbaru 1,9 derajat Celcius, serta Medan 2,1 derajat Celcius.

Kenaikan ini memang tak terlihat ekstrem di atas kertas. Namun pada kenyataannya, kenaikan satu hingga dua derajat Celcius pada temperatur maksimum akan sangat terasa perbedaannya.

Crowther mencontohkan, 30 tahun lagi, temperatur rata-rata di Palembang akan mirip seperti di Medan, dan Pekanbaru akan mirip Palembang. Cara 'memiripkan' ini agar memberi para penduduk gambaran bagaimana perubahan iklim kota mereka di masa depan. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini