Begini jadinya jika Anda melihat gerhana matahari dengan mata telanjang

Kamis, 14 Desember 2017 15:32 Reporter : Indra Cahya
Begini jadinya jika Anda melihat gerhana matahari dengan mata telanjang Gerhana matahari. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Beberapa waktu yang lalu, gerhana matahari jadi momen paling ditunggu-tunggu masyarakat dunia. Masyarakat AS dengan antusias menonton fenomena alam tersebut. Dari momen itu kita bisa tahu salah satu hal paling bikin penasaran soal gerharan matahari: bagaimana jadinya jika kita menatap gerhana matahari dengan mata telanjang? Apakah kita bisa jadi buta, atau justru tak apa?

Melansir The Verge, seorang wanita mencoba menatap gerhana matahari dengan mata telanjang, dan mencobanya lagi dengan menggunakan kacamata. Hal ini berdasarkan kejadian nyata yang menginspirasi sebuah studi yang dipublikasikan di JAMA Ophthalmology.

Seorang wanita berumur 20-an tahun ini memandang gerhana matahari yang sudah tertutup bulan sekitar 70 persen. Dalam beberapa jam, pandangannya kabur dan bergegas membawanya ke rumah sakit Mount Sinai bagian Eye and Ear Infirmary di New York. Dokter mata langsung mengkonfirmasi kalau retinanya rusak. Matahari benar-benar memancarkan radiasi yang bisa membakar mata kita.

Begini keadaan mata wanita tersebut pasca melihat gerhana.

Kondisi mata ketika habis melihat gerhana matahari ©2017 Merdeka.com

Dari foto matanya, bisa disimpulkan bahwa fotoresesptor dari matanya mengalami kerusahan, dan jaringan di matanya pun rusak.

Sayangnya, tak ada perawatan khusus yang bisa dilakukan untuk kerusakan mata dari menatap matahari. Sebelumnya, seseorang yang tercatat pernah menatap gerhana matahari pada 1962 lalu, harus rela hanya bisa melihat dengan satu mata saja. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini