Begini cara powerbank agar awet sepanjang perjalanan mudik

Kamis, 14 Juni 2018 08:37 Reporter : Merdeka
Ilustrasi power bank dan adapter. © Amazon UK/MiniSuit

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri jika powerbank sangat dibutuhkan sehari-harinya. Terutama saat mudik seperti sekarang ini. Tanpa adanya cadangan tenaga dari powerbank, smartphone yang kita miliki, pelan-pelan dayanya juga akan habis. Ini yang menyebabkan betapa powerbank dibutuhkan.

Meski begitu, penggunaan powerbank yang keliru juga dapat berdampak buruk terhadap daya tahannya. Khusus bagi kamu yang bepergian mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, powerbank pasti menjadi salah satu perangkat vital yang dibutuhkan untuk mengisi daya smartphone. Nah, jangan sampai powerbank yang kamu gunakan di tengah jalan mudik tiba-tiba mati atau rusak.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar powerbank tahan lama? Ini ada tips untuk menghemat energi powerbank.

1. Isi daya baterai ketika butuh

Usahakan untuk mengisi powerbank saat dalam kondisi daya minimum, dan langsung cabut dari stop kontak ketika lampu indikator tanda baterai sudah penuh menyala. Ada baiknya mengisi daya powerbank saat indikator baterai tinggal satu bar saja, atau memang akan melakukan perjalan jauh yang tak memungkinkan akses ke stop kontak.

2. Tak gunakan smartphone saat diisi daya powerbank

Adakala kamu memiliki dorongan untuk menggunakan smartphone saat terhubung ke powerbank. Apapun aktivitas yang hendak kamu lakukan, upayakan agar menunggu ponsel terisi penuh terlebih dahulu.Terkecuali di saat-saat darurat tentunya. Hal ini dilakukan agar baterai ponsel dapat terisi dengan lebih cepat tanpa gangguan penggunaan seperti jelajah media sosial atau bermain gim.

3. Hindari suhu ekstrim

Seperti barang-barang elektronik lainnya, jangan meletakkan powerbank di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau sumber panas lain.Tak hanya panas, udara yang lembab dan intensitas air yang tinggi juga harus kamu hindari. Ada baiknya untuk membungkus powerbank agar suhu yang melingkupinya tetap normal.

4. Jangan sampai terjatuh

Sama halnya dengan kebanyakan alat elektronik, powerbank termasuk benda yang rentan rusak apabila terjatuh atau terbentur. Jika terkena benturan keras kinerja dari komponen baterai di dalamnya pun akan berkurang, atau tak menutup kemungkinan tidak bisa digunakan lagi.

5. Jauhkan dari barang elektronik lainnya

Selain suhu panas, lembab, dan basah, ada baiknya kamu tidak meletakkan powerbank dekat dengan alat elektronik lain yang menimbulkan medan magnetik. Gelombang magnetik yang dihasilkan oleh keduanya akan saling bertabrakan sehingga menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Jeko I.R [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Powerbank
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini