Bayi dapat kenali mood satu sama lain

Minggu, 30 Juni 2013 13:34 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Bayi dapat kenali mood satu sama lain Bayi dapat kenali mood. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh Ross Flom, seorang profesor psikologi di Brigham Young University, mengungkap bahwa bayi yang berumur 5 bulan dapat mengenali ekspresi emosional dari bayi lainnya.

"Bayi yang baru lahir tidak dapat mengungkapkan secara verbal kepada ayah atau ibunya pada saat mereka lapar atau merasa lelah. Cara berkomunikasi yang mereka lakukan untuk pertama kali adalah melalui emosi. Tidak mengejutkan bahwa pada awal pertumbuhannya, bayi juga belajar membedakan perubahan emosi", ujar Flom.

Dilansir oleh Popsci (27/6), studi ini dipublikasikan pada jurnal akademik Infancy. Menggunakan 40 bayi berumur 3,5 sampai 5 bulan, yang kemudian diuji kemampuannya untuk mencocokan suara dengan ekspresi wajah dari bayi. Bayi dihadapkan pada 2 video monitor, satu monitor menampilkan bayi yang sedang bahagia dan tersenyum, monitor lain menampilkan bayi yang sedang sedih dan merengut.

Para peneliti kemudian memperdengarkan suara dari bayi ke tiga. Saat suara bahagia diperdengarkan, bayi-bayi tersebut melihat ke arah monitor yang menampilkan bayi dengan ekspresi wajah yang positif. Dan sebaliknya.

"Penemuan ini menambah pemahaman kita mengenai perkembangan awal bayi, bahwa bayi sangat sensitif dan dan memahami beberapa tingkat emosi', Flom mengungkapkan kesimpulan penemuannya.

Penelitian terdahulu juga mengindikasi bahwa pada umur 6 bulan, bayi dapat merasakan ekspresi emosional pada lingkungan orang dewasa yang tidak asing, dan orang dewasa lain pada umur 7 bulan. [sny]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini