Baterai smartphone cepat habis? Ini alasannya

Rabu, 13 Maret 2013 10:21 Reporter : Dwi Andi Susanto
Baterai smartphone cepat habis? Ini alasannya Ilustrasi © Crazyengineers.com

Merdeka.com - Apabila di awal Januari lalu, sebuah gambar yang menyimpan pesan khusus pernah diunggah, kini satu lagi gambar sejenis hadir di account resmi 9gag.com di Google+.

Beberapa minggu lalu, seseorang telah mengunggah satu gambar lucu sekaligus memiliki pesan moral di account 9gag.com di Google+. Memang selama ini, situs satu ini adalah website yang digunakan oleh banyak pengguna internet untuk berbagi foto atau gambar lucu dengan semua orang.

Dari aksi sharing tersebut, tidak jarang ada gambar atau foto yang mempunyai pesan khusus. Salah satunya seperti gambar yang diunggah ke account 9gag.com di Google+ tanggal 11 Maret kemarin.

Dalam gambar degan background hitam dan hanya ada sederet tulisan berwarna putih tersebut menampilkan sebuah kata-kata lucu. Namun dari kata-kata tersebut, apabila dapat mencermatinya, maka itu adalah sebuah sindiran sekaligus pesan yang ditujukan (mungkin) khususnya kepada para vendor mobile.

Dalam gambar tersebut bertuliskan, "I have a smart phone with a dumb battery" atau "Saya mempunyai telepon pintar dengan baterai yang bodoh."

Dari komentar yang dituliskan di kolom di bawah gambar tersebut, beberapa menyebutkan Motorola Razr Maxx, Galaxy Note sampai iPhone. Nah, menjadi suatu pertanyaan, apakah cepat 'menguapnya' baterai adalah kelalaian vendor dan produk smartphone-nya atau pengguna perangkat mobile itu sendiri?

Menurut penjelasan beberapa orang di forum produk Google, salah satu penyebab cepat habisnya baterai dikarenakan rata-rata smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur yang support 3G/HSPA/HSPA+ atau lainnya. [das]

Baca juga:

Bagaimana aplikasi menyedot baterai smartphone Anda?

3 Persepsi salah seputar baterai smartphone

Fitur-fitur tersebut membutuhkan pasokan energi yang besar untuk dapat beroperasi. Bahkan, walaupun dalam keadaan tidak sedang dioperasikan, fitur-fitur tersebut akan tetap beroperasi di bawah background atau sistemnya tetap bekerja.

Selain fitur tersebut, seperti yang dituliskan di Doctor Gadgets (25/03), beberapa hal lain yang cepat sekali menguras tenaga baterai adalah banyaknya aplikasi yang terinstal, kecerahan layar dan suara, koneksitas dan Airplane Mode.

Dengan banyaknya aplikasi yang terinstal pada suatu perangkat mobile, maka secara otomatis, kebutuhan akan energi juga semakin banyak. Sampai saat ini, banyak vendor di dunia yang mencoba untuk membenahi sisi minus ini.

Share pengalaman Anda, apabila pernah mengalami kejadian serupa dan berhasil mengatasinya.

//

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini