Bank BRI sebut secara teknis telah siap operasikan satelit

Rabu, 29 Juni 2016 13:52 Reporter : Fauzan Jamaludin
Bank BRI sebut secara teknis telah siap operasikan satelit Satelit BRIsat. © twitter.com/BANKBRI_ID

Merdeka.com - Gegap gempita lantaran satelit milik Bank BRI, BRIsat, pada Minggu (19/06) lalu berhasil diluncurkan, menjadi apresiasi oleh berbagai kalangan. Banyak di antaranya yang menilai langkah tepat Bank BRI memiliki satelit sendiri. Satelit tersebut diluncurkan dari Kuorou, Guyana Perancis, pada pukul 04.39 WIB, meski sempat sebelumnya mengalami penundaan.

Namun, perlu dicatat juga, pelepasan satelit tersebut barulah tahap awal yakni peluncuran dan pelepasan satelit menuju orbitnya. Masih ada serangkaian proses yang harus dilakukan untuk bisa dimanfaatkan. Selain menunggu satelit yang menuju orbitnya, kesiapan infrastruktur di dalam negeri, juga perlu disiapkan.

Lantas, bagaimana dengan persiapannya?

Dikatakan Senior Executive Vice President IT Strategy & Satellite BRI, Hexana Trisasongko, sejauh ini pihaknya telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk mengoperasikan satelitnya.

"Semuanya sudah siap: Primary Satellite Control Facilities/Ground Stations, Divisi Satelit dan Infrastruktur Jaringan, Human Capital," jelasnya kepada Merdeka.com melalui pesan singkat, Rabu (29/06).

"Ditambah Back up Satellite Control Facilities dengan kelengkapan yang sama dengan PSCF," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, satelit tersebut nantinya, akan berada di slot orbit 150,5 derajat bujur timur (BT). Slot orbit yang dimiliki BRI saat ini, awalnya digunakan oleh satelit Palapa C2 milik Indosat. BRISat akan menggunakan dua frekuensi yaitu C band dan KU band. C band akan digunakan untuk transaksi keuangan dan KU Band untuk komunikasi non keuangan. C band menggunakan frekuensi gelombang rendah sehingga tahan cuaca, sedangkan untuk KU band menggunakan gelombang tinggi sehingga mempunyai power yang kuat. Satelit ini akan mampu bertahan hingga 17 tahun lamanya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini