BAKTI Gandeng XL Fasilitasi Layanan Internet BUMDes

Senin, 22 Februari 2021 09:00 Reporter : Fauzan Jamaludin
BAKTI Gandeng XL Fasilitasi Layanan Internet BUMDes BTS 4G XL. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - XL Axiata dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjalin kerja sama untuk memfasilitasi layanan internet bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Melalui kerja sama ini, XL Axiata akan memberikan layanan ISP (Internet Service Provider) kepada dua BUMDes yaitu BUMDes Gerbang Lentera di Semarang dan BUMDes Bumi Dipasena Jaya di Tulang Bawang, Lampung. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tripartit antara XL Axiata, BAKTI dan BUMDes pada Selasa, (16/02).

Direktur Layanan Telekomunikasi Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Kemkominfo, Dhia Anugrah Febriansa mengatakan, dampak dari pandemi Covid-19 telah dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk di pedesaan. Minimnya akses internet yang memadai berdampak terhadap lambatnya daya serap masyarakat baik dari sisi perekonomian, pendidikan, hingga sektor lainnya.

"Banyaknya usaha masyarakat yang bernaung di bawah BUMDes menjadikan lembaga ini sebagai wadah terbaik khususnya bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk berkembang. Kerjasama ini hadir dalam bentuk layanan internet dari XL Axiata bagi BUMDes melalui ISP (Internet Service Provider). Untuk itu, kami senantiasa memfasilitasi dan memberikan peluang bagi semua pihak yang ingin bekerjasama mendukung percepatan pertumbuhan berbagai sektor di pedesaan," jelas Dhia.

Sementara itu, Chief Enterprise dan SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, kedua BUMDes akan menerima layanan internet dari XL Axiata sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

"Penyaluran dan pemanfaatan layanannya pun sepenuhnya akan digunakan masing-masing BUMDes baik untuk mendukung proses usaha, bisnis dan pendidikan," ungkapnya.

Feby Sallyanto menambahkan, melalui kerja sama ini, XL Axiata juga mendorong percepatan pembangunan ekonomi digital dengan melakukan berbagai macam pelatihan guna memasarkan produk secara digital sehingga bisnis dapat menyasar kepada pasar yang lebih luas lagi. Selain itu pihaknya juga berharap ke depannya kerjasama ini akan menyasar lebih banyak BUMDes di Indonesia.

Baca Selanjutnya: Lebih jauh Direktur Pengembangan Kelembagaan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. XL Axiata
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini