Bagaimana pelafalan GIF yang benar?

Kamis, 23 Mei 2013 17:21 Reporter : Alvin Nouval
Bagaimana pelafalan GIF yang benar? JPEG, GIF, dan PNG. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Banyak dari kita mengenal file multimedia dengan format .GIF adalah file yang mampu menyimpan gambar bergerak dengan batas waktu tertentu. Namun, tahukan Anda bagaimana sebenarnya mengucapkan .GIF dengan benar?

Seperti yang dilansir oleh TechCrunch (21/5), hal ini diutarakan oleh Steve Wilhite saat diwawancarai oleh The New York Times. Kepada harian terkemuka di AS tersebut, sosok dibalik format file ini pun menuturkan seperti apa pelafalan yang tepat untuk hal ini.

Disebutkannya, apa yang beredar selama ini salah, .GIF seharusnya dibaca jif. "Oxford English Dictionary menuliskan bahwa pengucapan dengan G maupun J benar. Ini salah besar, yang benar menggunakan G lembut, dilafalkan jif. Titik," sebut Wilhite waktu itu.

Hal ini sendiri diutarakannya sesaat setelah Gedung Putih menyatakan bahwa penyebutan .GIF yang benar adalah dengan G seperti pada pelafalan kata gift. Namun, Wilhite membantah habis-habisan klaim ini.

.GIF sendiri merupakan salah satu file format tertua yang pernah ada dalam sejarah data digital. Kepanjangan dari Graphics Interchange Format ini telah berusia 25 tahun pada 2012 lalu dan membuat pendirinya mendapatkan sebuah penghargaan seumur hidup dari Webby Awards. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini