Bagaimana Nasib Bixby di Samsung Galaxy Note 10?

Jumat, 9 Agustus 2019 14:13 Reporter : Indra Cahya
Bagaimana Nasib Bixby di Samsung Galaxy Note 10? Samsung Galaxy Note 10 dan 10+. ©Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Merdeka.com - Samsung telah merilis smartphone flagship keduanya tahun ini, yakni Galaxy Note 10. Satu yang tetap ada di software Samsung adalah aplikasi asisten canggihnya, yakni Bixby.

Permasalahannya, ternyata menurut The Verge, Bixby sama sekali tak disinggung dalam gelaran Unpacked Samsung Note 10 kemarin.

Dalam acara Unpacked kemarin, terdapat peluncuran beberapa produk baru seperti Watch Active 2, Galaxy Tab S6, dan ada beberapa lainnya. Terdapat juga demonstrasi beberapa trik software, peningkatan produktivitas, fitur, dan masih banyak lainnya. Namun, Bixby tetap tak disebut.

Tak bisa dimungkiri Bixby adalah sebuah hal besar untuk tidak disebut sama sekali. Sebagai pesaing Siri dan Alexa, tentunya Bixby harusnya adalah masa depan Samsung.

Di peluncuran Note 9 tahun lalu, Samsung memamerkan Bixby 2.0 di panggung sembari memperkenalkan berbagai peningkatan di dalamnya. Tahun ini itu tidak terjadi. Nasib Bixby pun terombang-ambing.

1 dari 2 halaman

Tidak Ada Tombol Bixby

Ada satu hal yang membuat Bixby nampaknya tak lagi jadi prioritas di Samsung Note 10 kali ini. Pasalnya, di Note 10 tak ada lagi tombol Bixby. Alih-alih, pengguna Note 10 bisa memanggil Bixby lewat tombol power.

Jadi, jika Anda menekan tombol power, bahkan menekannya secara lama, yang keluat adalah Bixby. Jadi Anda akan selangkah lebih rumit untuk mematikan smartphone Anda sendiri. Untuk menggunakan tombol power untuk mematikan HP sebagaimana mestinya, Anda harus secara keseluruhan mematikan Bixby dari menu opsi.

2 dari 2 halaman

Bixby Sempat Dielu-elukan

Di awal kemunculannya pada 2017 lalu, Bixby bahkan diproyeksikan tak hanya ada di smartphone. Bixby akan secara gradual diaplikasikan ke berbagai peralatan elektronik.

Hal ini ditujukan untuk hidup yang lebih mudah, seperti menyalakan AC lewat Bixby, atau mengaktifkan perangkat elektronik lain yang terkoneksi dengan internet.

Bahkan setelah 2 tahun lebih Bixby diperkenalkan, belum ada gebrakan dari aplikasi asisten khusus Samsung tersebut. Terlebih lagi di tahun pertama, sudah mulai bermunculan pengguna yang mengeluhkan adanya tombol Bixby. Hal ini berujung pada Samsung sendiri memberi opsi untuk menon-aktifkan tombol tersebut ketimbang Bixby terbuka tanpa sengaja. Kali ini di Note 10, tombol tersebut justru hilang.

Untuk bisa melakukan gebrakan, Bixby sebenarnya hanya harus mengalahkan Google Assistant, dan itu merupakan hal sulit. Masalahnya Google Assistant sudah jadi standar tinggi untuk aplikasi asisten, dan aplikasi tersebut bisa dipicu dengan suara, tanpa perlu tombol.

Belum lagi Bixby masih harus bersaing dengan Amazon Alexa yang telah ada di Android. Kini Alexa super populer berkat Amazon Echo yang telah banyak terinstal di rumah-rumah. [idc]

Baca juga:
Perbandingan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 9, Layak Beli baru?
Cara Cek IMEI HP Anda Agar Tak Diblokir
Deret Kecanggihan Kamera Samsung Galaxy Note 10
Ini Alasan Samsung Galaxy Note 10 Tak Miliki Headphone Jack
Deretan Keunggulan Samsung Galaxy Note 10, Android Terbaik Saat Ini!
Samsung Galaxy Note 10 dan 10+ Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasinya!
Oppo K3 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya!

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Samsung Galaxy Note 10
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini