ATVSI soal Penundaan Migrasi TV Digital Jabodetabek: Kita Ingin Optimalkan Siaran

Rabu, 5 Oktober 2022 16:48 Reporter : Fauzan Jamaludin
ATVSI soal Penundaan Migrasi TV Digital Jabodetabek: Kita Ingin Optimalkan Siaran Ilustrasi televisi. iStock

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan migrasi tv analog ke digital di wilayah Jabodetabek. Penundaan ini atas permintaan dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI). Sekjen ATVSI Gilang Iskandar pun membenarkan hal itu. Menurut Gilang, salah satu penundaan adalah kondisi real di masyarakat.

"Data Nielsen 27 September 2022 menunjukan, dari populasi pemirsa televisi di Jabodetabek sekitar 21 juta yang Free to Air (FTA) baru 26 persen atau sekitar 7,2 juta tapi kalau yang plus pay tv, digital ready sekitar 43 persen. Apapun kondisi ini artinya kita memerlukan waktu paling tidak satu bulan ini untuk menggencarkan bersama Kominfo secara massif, sosialisasi supaya masyarakat segera beralih dengan cara memiliki STB atau pesawat televisi penerima siaran TV Digital," jelas Gilang saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (5/10).

"Itu kondisi realnya, toh waktunya dari Oktober ke November tidak sampai satu bulan, ya lebih baik waktu ini kita manfaatkan untuk menggencarkan sosialisasi dan fokus ke 2 November 2022 sesuai UU Cipta Kerja," tambah dia.

Masyarakat, lanjut dia, pada dasarnya sudah siap menyambut siaran digital. Soal perangkat penerima siaran tv digital atau Set Top Box (STB), mereka akan beli ketika siaran analog sudah dimatikan.

"Itu dari hasil survei ya. Di Jabodetabek sikap masyarakat begitu," ungkapnya.

Meski begitu, industri juga harus memiliki rencana mitigasi. Jangan sampai, tingkat kepemirsaan televisi turut turun.

"Artinya kita ingin ini jalan, tetapi masyarakat tidak dirugikan, industri juga tetap berjalan. Kan masyarakat ini kan baru bangkit setelah kehantam Covid-19. Punya waktu sedikit kita gencarkan saja, kita ingin ini optimal. Kalau masyarakat kehilangan siaran, kan jadi problem juga. Kalau gak nonton, tingkat kepemirsaan tv turun dan bermasalah juga ke semuanya," kata dia

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini