Arkalogic perkenalan aplikasi mobile payment Moneta

Senin, 11 November 2013 15:15 Reporter : Arif Pitoyo
Arkalogic perkenalan aplikasi mobile payment Moneta Arkalogic perkenalkan aplikasi Moneta. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Arkalogic Transaksi (Arkalogic), perusahaan startup teknologi Indonesia, memperkenalkan inovasi teknologi berkelas dunia, Moneta.

Inovasi terbaru di dunia teknologi keuangan ini tidak saja menjembatani transaksi elektronik dengan kartu dan tanpa kartu, tetapi juga mengintegrasikan berbagai platform teknologi yang ada di Indonesia dan dunia.

Moneta akan menjadi solusi teknologi pertama buatan Indonesia yang ditampilkan di FinovateAsia 2013, sebuah ajang eksibisi teknologi keuangan internasional yang akan digelar pada 14 November di Singapura.

Moneta adalah sebuah aplikasi transaksi mobile yang dikembangkan Founder and CEO Aryo Karbhawono. Aryo mengaku telah melakukan riset selama dua tahun untuk memecahkan masalah yang dihadapi perbankan, pedagang, dan konsumen di seluruh dunia dalam melakukan transaksi nontunai bergerak dikarenakan setiap pihak mengembangkan sistem teknologi yang eksklusif, terfragmentasi antara satu dengan yang lain, dan seringkali masih terlalu mahal untuk diadopsi oleh pedagang kecil atau konsumen kebanyakan.

"Hingga kini sistem transaksi dan pembayaran elektronik atau mobile di dunia, termasuk di Indonesia, masih terfragmentasi. Baik masih tergantung pada akun bank tertentu, layanan operator seluler tertentu, atau keterbatasan lainnya. Padahal konsumen bukan hanya mengharapkan transaksi yang cashless, tapi juga mencari kenyamanan dan kemudahan," ujarnya, Senin (11/11).

Melalui perusahaannya PT Arkalogic Transaksi, Aryo telah mendapatkan dukungan investor, sehingga selain siap bermitra dengan industri keuangan, Arkalogic juga mulai berekanan dengan merchant, situs e-commerce, serta siap meluncurkan produknya secara independen dalam waktu dekat.

Di luar negeri, beberapa pemain teknologi besar berlomba-lomba mengembangkan sistem transaksi dan pembayaran yang cukup dikenal seperti Google Wallet, PayPal, i-zettle, square, dan paydiant yang menawarkan teknologi yang berbeda untuk fungsi yang berbeda seperti e-commerce, e-money, dan mobile POS (point of sales).

Menurut Aryo, dengan Moneta M-POS, pedagang hanya perlu mengeluarkan Rp 200 - Rp 300 ribu per unit, sedangkan untuk mendapatkan satu unit EDC, seorang pedagang perlu investasi sebesar Rp 3-5 juta. Hal yang sama juga dijelaskan Aryo mengenai Moneta Mobile atm yang kini bisa dimiliki bank-bank kecil bila menggunakan Moneta. [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. E Commerce
  3. Aplikasi Mobile
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini