Arianespace: kolega BRI di kancah antariksa

Jumat, 24 Juni 2016 15:00 Reporter : Indra Cahya
Arianespace: kolega BRI di kancah antariksa Peluncuran BRIsat oleh Arianespace. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Peluncuran satelit Palapa A1 pada tahun 1976 silam merupakan momen bersejarah dan membanggakan yang masih terkenang sampai sekarang. Bagaimana tidak, Indonesia menjadi negara di Asia pertama yang sukses menembus orbit dengan satelit goestasioner domestik. Tercatat hanya negara adikuasa, seperti Amerika Serikat dan Kanada, yang pernah berhasil melakukannya.

Setelah hampir setengah abad, rasa bangga serupa siap kembali dihadirkan. Beberapa hari mendatang, hendak diorbitkan sebuah satelit komunikasi pertama yang dimiliki dan dioperasikan oleh bank. BRIsat,persembahan Bank Rakyat Indonesia (BRI),adalah langkah strategis diperuntukkan nasabah dan masyarakat agar memperoleh fasilitas dan pelayanan perbankan yang terbaik.

Guna membuat proses pengorbitan makin gangsar, BRI turut menggandeng perusahaan penerbangan antariksa asal Perancis bernama Arianespace. Reputasi perusahaan yang bermarkas di Evry-Courcouronnes, Perancis, ini memang sudah teruji di kancah antariksa dunia. Sampai bulan Mei tahun 2016 saja, Arianespace telah melakukan lebih dari 500 peluncuran komersial. Beberapa contohnya, Soyuz Flight VS15 (24 Mei 2016), Ariane Flight VA229 (9 Maret 2016), dan Soyuz Flight VS14 (25 April 2016).

Pemilihan Arianespace untuk menerbangkan BRIsat pun bukan tanpa proses. Sebelumnya telah dilakukan proses seleksi internasional yang cukup ketat. Profesionalisme staf dan ketersediaan roket peluncur Ariane 5 dianggap mampu mendukung kesuksesan pengorbitan satelit komunikasi BRI. Kerja sama Arianaspace dengan Indonesia ini merupakan kali kelima, setelah pengorbitan Palapa C2 pada 1996.

Pelepasan BRIsat ke orbit dilangsungkan pada tanggal 19 Juni 2016 dini hari waktu Indonesia. Satelit komunikasi BRI ini menuju destinasi utama, yakni slot 150.5 Bujur Timur. Posisi yang strategis ini memungkinkan perluasan jangkauan layanan perbankan BRI bagi seluruh penduduk di Indonesia.

Usai mengorbit dengan tepat, BRIsat lantas akan dikendalikan dan dikelola sepenuhnya oleh anak bangsa. Tim BRIsat yang terdiri dari banyak pakar berpengalaman telah mendidik para engineer baru lewat program magang di Space System/Loral (SS/L), Amerika Serikat. Campur tangan mereka diharapkan turut menambah kinerja dan kekuatan talenta industri persatelitan Indonesia. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini