Apple Tengah Siapkan Mesin Pencarian Sendiri, Saingi Google?

Selasa, 17 November 2020 16:17 Reporter : Indra Cahya
Apple Tengah Siapkan Mesin Pencarian Sendiri, Saingi Google? Logo Apple. ©2019 sefsed.com

Merdeka.com - Raksasa teknologi Apple disebut tengah menggarap mesin pencari besutan mereka sendiri.

Hal ini diketahui dari sejumlah langkah Apple dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari GSM Arena via Tekno Liputan6.com, Apple sudah membuat langkah transisi dari Google. Applebot yang pertama kali dilaporkan pada 2014, telah mulai ada di web sejak saat itu dan diduga telah meningkatkan kecepatannya secara substansial. Applebot disebut menjadi awal dari mesin pencari Apple.

Applebot merupakan web crawler untuk Apple. Produk seperti Siri dan Spotlight Suggestions menggunakan Applebot.

Selain itu, Apple juga berhasil membujuk pimpinan pencarian dan Artificial Intelligence Google, John Giannandrea, yang kini merupakan Senior VP of Machine Learning and AI Strategy Apple.

Apple dan Google

Google sampai saat ini membayar kepada Apple antara USD 10 dan USD 12 miliar setahun untuk bisa menjadi penyedia pencarian utama di perangkat Apple. Namun, kesepakatan itu disebut akan segera berakhir dan kasus anti-trust Google dapat mencegah perpanjangannya.

Pembayaran Google tersebut dilaporkan sekira 20 persen dari pendapatan layanan Apple.

Sejauh ini belum diketahui seperti apa bentuk mesin pencari Apple. Selain itu, konfirmasi dari pihak Apple pun belum ada mengenai kehadiran mesin pencari tersebut.

2 dari 2 halaman

Harus Akuisisi DuckDuckGo

Seorang pakar teknologi dan analis bernama Bernoni Toni Sacconaghi berpendapat bahwa Apple harus memutus sebuah kontrak dengan Google tentang mesin pencarian.

Melansir laporan Phone Arena yang mengutip Sacconaghi yang muncul di sebuah acara di saluran televisi CNBC, Google membayar Apple sejumlah 8 Miliar Dollar per tahun untuk membuat Google jadi mesin pencari default di perangkat Apple.

Hal ini membuat Google bisa menjaring iklan lewat iOS saja sejumlah 25 miliar Dollar per tahunnya. Ini dianggap keuntungan yang terbagi secara besar hanya untuk Google dan sebuah bentuk dominasi.

Sebagai solusi, Apple disebut harus mendominasi dan memonetisasi sendiri mesin pencariannya sendiri. Disebut, cara terbaik adalah dengan mengakuisisi salah satu mesin pencarian yang cukup banyak diminati karena fiturnya, yakni DuckDuckGo.

Disebut jika Apple mengakuisisi aplikasi ini yang mana harganya ditaksir kurang dari 1 miliar Dollar, Apple akan terjamin di soal iklan dan pemasukan karena memiliki mesin pencarian default sendiri.

DuckDuckGo sendiri cukup terkenal karena keunggulannya yang tak mau mengambil data pengguna atau membagi informasi personal yang jadi kebijakan privasinya.

Google sendiri terancam dipecah bisnisnya oleh Departemen Kehakiman AS karena terlalu mendominasi. Jika hal ini terjadi, Google mungkin kesulitan untuk membayar 8 miliar untuk Apple. Sementara ini tak terjadi, Google masih mendominasi iklan dan mendapatkan banyak uang dari sini. [idc]

Baca juga:
Bodi iPhone 12 Dianggap Terlalu Tajam, Pengguna Mengeluh Luka!
Foxconn Diduga Raup Keuntungan Tambahan Dari Apple Pakai Cara Ini
Apple Akuisisi Startup AI, Punya Kemampuan Kenali Objek Dalam Video
Apple Pimpin Pengapalan Pasar Tablet seluruh Dunia
iPhone 12 Lolos Uji Sertifikasi Kemkominfo, Siap Dirilis?
Apple Perkenalkan MacBook Pro Dengan Chip M1, Tercepat dan Terhemat Baterai
Apple Perkenalkan Mac Mini Dengan Prosesor M1, Harga Paling Terjangkau

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Apple
  3. Google
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini