Apple Segera Rebut Kembali Tahta Pasar Smartphone Global Dari Huawei

Rabu, 9 Oktober 2019 11:06 Reporter : Indra Cahya
Apple Segera Rebut Kembali Tahta Pasar Smartphone Global Dari Huawei Peluncuran Apple iPhone 11. ©2019 REUTERS/Stephen Lam

Merdeka.com - Huawei telah melampaui Apple dalam angka pengkapalan smartphone global. Hal ini dikarenakan tingginya penjualan smartphone Huawei dan Honor di tengah lesunya penjualan smartphone kala itu.

Posisi teratas sendiri masih dipegang oleh Samsung, di mana Huawei juga kala itu punya tujuan untuk menyalip raksasa Korea Selatan tersebut.

Namun kali ini semuanya berubah pasca perang dagang Presiden Trump dan Tiongkok meningkat, diikuti dengan pencekalan Huawei untuk berbisnis dengan perusahaan Amerika Serikat. Hal ini membuat pertumbuhan global Huawei turun drastis.

Melansir Digitimes, Apple disebut akan segera mengalahkan Huawei untuk kembali mendapatkan medali perak sebagai vendor smartphone terbesar secara global.

1 dari 2 halaman

Apple Akan Salip Huawei di Akhir Tahun

Secara khusus, menurut analisis media yang berbasis di Taiwan ini, Apple diperkirakan menyalip Huawei di antara Oktober hingga Desember tahun ini. Hal ini akan terbukti benar kala laporan kuartal ketiga 2019 dirilis.

Huawei sendiri mengalahkan Apple pada kuartal keempat tahun lalu, di mana produk Huawei memang punya keunggulan besar kala itu, yakni flagship P20 Series dan Mate 20 Series.

Nah, kali ini dengan luputnya Huawei di pasar dunia barat pasca perang dagang dan juga makin meroketnya popularitas iPhone 11, kembalinya Apple di peringkat kedua seharusnya bukan kejutan lagi.

2 dari 2 halaman

Hampir Berkuasanya Huawei

Sebelum adanya perang dagang, Huawei disebut miliki potensi untuk berada di posisi teratas sebagai pabrikan smartphone smartphone global.

Berdasarkan data dari IDC memperlihatkan kalau performa penjualan smartphone Huawei terus meningkat di tengah lesunya penjualan smartphone vendor lain.

Padahal penjualan smartphone vendor lain secara keseluruhan menurun sekitar 6,6 persen pada kuartal pertama 2019, jika dibanding kuartal pertama tahun lalu, atau menjadi sekitar 310,8 juta unit.

Diketahui, penurunan ini terjadi secara beruntun selama enam tahun terakhir. Pada tahun lalu, penjualan menurun menjadi 4,1 persen.

Tren ini bahkan dianggap menjadi tanda memburuknya penjualan smartphone di seluruh dunia. Bahkan, Apple dilaporkan mengalami penurunan yang tajam kala itu.

Huawei ketika itu juga diprediksi mampu mencakup 50 persen pangsa pasar di Tiongkok, dan meraih pangsa pasar dunia dari Samsung pada 2020 mendatang.

Permasalahannya hanya pangsa pasar dunia yang akan diraih dari Samsung bakal lebih sulit terkejar, dan Apple berhasil memberi inovasi terbaru di iPhone 11 berupa harga terjangkau dan juga baterai yang lebih kuat.

Menurut Anda? [idc]

Baca juga:
OPPO Reno 2 Dirilis, Harganya?
iPhone Akhirnya Kalahkan Samsung Dalam Perang Baterai
Apa Itu Fitur HDR di Kamera Smartphone?
Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 2, Rilis Sore Ini!
Google Pixel 4 Akan Punya Fitur Social Share, Ini Penjelasannya!
Ini Deretan Rumor Kuat Soal Samsung Galaxy S11

Topik berita Terkait:
  1. IPhone 11
  2. IPhone 11 Pro
  3. Apple
  4. Huawei
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini