Apple Perkenalkan M1, Chipset Mac Berbasis ARM Terbaru

Rabu, 11 November 2020 06:07 Reporter : Indra Cahya
Apple Perkenalkan M1, Chipset Mac Berbasis ARM Terbaru Chip M1 Apple. ©2020 Apple

Merdeka.com - Dalam acara "One More Thing" yang diadakan semalam (11/11), Apple memperkenalkan chipset Mac terbarunya yang berbasis ARM dan asli besutan mereka sendiri, yakni M1.

Ini adalah prosesor 5 nanometer yang membuatnya serupa dengan A14 Bionic untuk iPhone, namun didesain sedemikian rupa dan spesifik untuk Mac.

Prosesor ini akan disematkan di beberapa perangkat, yakni MacBook Air, Mac Mini, dan MacBook Pro.

Dalam perkenalannya, Apple mengklaim bahwa prosesor ini akan berfokus untuk mengkombinasikan performa dan efisiensi daya. Soal efisiensi daya, Apple mengklaim bahwa M1 yang merupakan prosesor dengan eight-core CPU ini memiliki performa terbaik per watt. Disebut, performa CPU ini punya kekuatan sama dengan daya hanya seperempat dari CPU laptop biasa.

Memadu CPU dari prosesor ini, adalah kartu grafis atau GPU yang juga delapan ini, yang diklaim sebagai GPU tercepat di dunia. Selain itu juga ada 16-core Neural Engine, Thunderbolt controller, prosesor image signal, mesin media encode dan decode, serta beberapa fitur keamanan berupa hardware dan software.

Apple mengklaim bahwa MacBook Air terbarunya yang menggunakan M1, mampu memutar video selama 18 jam non-stop hanya dalam sekali cas. Di MacBook Pro terbaru bahkan durasi bisa mencapai 20 jam.

Prosesor ini juga tak butuh kipas, jadi laptop akan berjalan dengan suara yang senyap.

Baca Selanjutnya: Performa...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Apple
  3. MacBook
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini