Apple Mulai Rakit iPhone di India

Kamis, 30 Juli 2020 11:25 Reporter : Indra Cahya
Apple Mulai Rakit iPhone di India Logo Apple. ©2019 sefsed.com

Merdeka.com - Mitra produsen Apple yakni Foxconn telah mulai merakit iPhone 11 di pabrik mereka di dekat Chennai, India. Ini adalah kali pertama India mulai memproduksi iPhone keluaran terbaru.

Melansir TechCrunch, Apple sudah memproduksi iPhone di India sejak 2017 lalu, dan kini Apple mulai mempertimbangkan untuk memindahkan produksi model-model premiumnya di negeri Hindustan.

Apple sendiri melihat potensi besar di India, mengingat tahun lalu negara tersebut adalah pasar smartphone terbesar kedua di dunia, di bawah Tiongkok dan di atas AS.

Jadi, Apple melancarkan strategi untuk memproduksi iPhone lawas dan menjualnya dengan harga terjangkau di sana, tanpa ada bea masuk dari Tiongkok. Produk elekteronik buatan luar negeri sendiri dikenakan bea impor 20 persen untuk masuk ke India.

Nah kali ini, India mulai memproduksi iPhone terbaru dan premium. Meski demikian, peroduk-produk ini akan diekspor balik untuk pasar global, karena pasar iPhone di India masih kecil, yakni 1 persen saja.

Peningkatan produksi di India juga dilakukan Apple untuk mengurangi ketergantungan ke Tiongkok, di mana sebagian besar produk Apple diproduksi di sana.

2 dari 3 halaman

Sebelumnya, Foxconn disebut telah melakukan investasi sebesar 1 miliar Dollar untuk berekspansi di India. Tepatnya, di daerah selatan India di mana pabrik iPhone sudah berdiri di sana.

Hal ini juga satu visi dengan inisiatif nasionalis dari perdana menteri India Narendra Modi yakni "Make in India." Sehingga proyek ini disebut akan berjalan lebih mudah.

3 dari 3 halaman

Menghindari Perang Dagang

Selain itu, Apple juga ingin pabrik perakitan iPhone besutannya keluar dari Tiongkok, karena adanya perang dagang antara negeri Tirai Bambu dan AS.

Hubungan antar kedua negara ini sama sekali tak stabil, di mana presiden Trump dan administrasinya bisa saja mengenakan pajak lebih tinggi lagi terhadap produk yang diimpor dari Tiongkok.

Hal ini juga senada dengan rumor Mei lalu di mana Apple sedang bernegosiasi dengan pemerintah India untuk memindahkan 20 persen produksi iPhone ke India dari Tiongkok. Jika berhasil produksi iPhone senilai 40 miliar Dollar akan berputar di lini produksi India.

Masalah utamanya adalah pabrik ini adalah pabrik perakitan. Sementara pasokan onderdil tetap datang dari Tiongkok. Apple sendiri sedang mempertimbangkan juga soal rantai pasokan yang didatangkan dari Vietnam alih-alih Tiongkok.

Baca juga:
Fast Charging Terbaru Qualcomm Klaim 5 Menit Dapat Cas 50 Persen
Google Dilaporkan Ajak Samsung Gantikan Bixby Dengan Assistant
Smartphone Xiaomi Bisa Direparasi Resmi Hanya Satu Jam!
Ini Lima Perangkat yang Akan Dirilis Samsung di Gelaran Unpacked 5 Agustus
Legion Phone Resmi Diperkenalkan, Smartphone Gaming Dengan Prosesor Tercanggih
CEK FAKTA: Disinformasi Kabar Virus Covid-19 Masuk Melalui Ponsel
Samsung Galaxy Note 20 Ultra Dilaporkan Akan Jadi Xbox Phone, Seperti Apa?

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Apple
  3. Smartphone
  4. IPhone
  5. India
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini