Apple Klaim iPhone Gadget yang Berguna Saat Bencana

Rabu, 23 Januari 2019 16:00 Reporter : Indra Cahya
Apple Klaim iPhone Gadget yang Berguna Saat Bencana logo apple. © Ibnlive.In.com

Merdeka.com - Bencana adalah sebuah fenomena yang tidak kita inginkan. Namun teknologi ternyata bisa membantu meminimalisir risikonya. Bahkan, hanya sekedar memiliki smartphone akan banyak mengubah dampaknya.

Melansir dari Bloomberg, Apple mengklaim bahwa iPhone bisa jadi perangkat siap siaga di tengah cuaca ekstrem yang tak menentu dengan frekuensi yang terus menerus.

Secara spesifik, Apple menyebut bahwa iPhone dapat "berfungsi sebagai senter atau sirene; dapat menyediakan instruksi pertolongan pertama dan bencana; berfungsi sebagai radio; serta dapat dicas dengan mudah dari berbagai sumber listrik."

Klaim ini muncul dari laporan yayasan lingkungan non-profit yakni CDP yang memberi pertanyaan kepada 7.000 perusahaan untuk bagaimana membagi risiko dan peluang dari produk mereka yang bisa dimanfaatkan di tengah makin ekstremnya perubahan iklim.

Apple sendiri, beserta banyak perusahaan teknologi raksasa lain seperti Google, sudah ikut andil untuk memerangi perubahan iklim, mengingat sampah elektronik adalah salah satu kontributor sampah terbesar. Di 2016 lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka telah membangun Liam, sebuah robot yang didesain khusus untuk menghancurkan iPhone bekas Anda.

Liam adalah robot industrial yang didesain khusus untuk menghancurkan iPhone dengan cara mendeteksi komponen tertentu dari iPhone sebelum menghancurkannya. Komponen yang dapat didaur ulang dipisahkan untuk diproses.

Cara Liam untuk memanfaatkan iPhone bekas sama sekali tidak dengan cara destruktif. Justru dengan cermat sang robot memisahkan satu-satu komponen iPhone, bahkan hingga komponen terkecil seperti mur dan tempat SIM Card.

Lebih dalam lagi, Apple menggaris bawahi bahwa Liam mengamankan cobalt dan lithium dari baterai, emas dan tembaga dari kamera, perak dan platinum dari logic board dan juga lempengan alumunium.

Hal ini bertujuan agar puing-puing iPhone tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk daur ulang. Apple sendiri memang mengimbau penggunanya untuk membuang iPhone bekasnya sembarangan, lewat peringatan di balik tiap perangkat iPhone. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini