Apple Gunakan Modem 5G Qualcomm di iPhone 12 Series

Senin, 9 November 2020 17:25 Reporter : Indra Cahya
Apple Gunakan Modem 5G Qualcomm di iPhone 12 Series iPhone 12 Pro. ©2020 Apple via Phone Arena

Merdeka.com - Setelah bertahun-tahun bersitegang, raksasa teknologi Apple dan vendor chipset kenamaan Qualcomm akhirnya berdamai.

Bahkan, dilaporkan kalau damainya dua perusahaan ternama ini demi kelangsungan bisnis, terutama menyoal teknologi 5G di iPhone 12 series.

Menariknya, menurut sebuah video teardown yang beredar diunggah di forum online Weibo, iPhone 12 terkonfirmasi memakai modem 5G milik Qualcomm, yakni Snapdragon X55. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo via Tekno Liputan6.com.

Lebih menarik lagi, Snapdragon X55 sebenarnya bukanlah modem 5G terbaru dari Qualcomm. Perusahaan yang bermarkas di San Diego AS ini tahun lalu merilis modem 5G terbarunya yakni Snapdragon X60.

Modem 5G ini diklaim lebih hemat tenaga ketimbang X55. Pasalnya modem tersebut dikembangkan dengan proses fabrikasi 5nm. Sementara modem X55 dikembangkan dengan proses fabrikasi 7nm.

Menurut pengujian baterai iPhone 12 yang dilakukan oleh Tom's Guide, pengguna jaringan 5G pada iPhone 12 terbukti sangatlah menguras daya.

Dibandingkan saat iPhone 12 memakai jaringan LTE, konektivitas 5G di iPhone 12 selisih 2 jam masa pakai baterai.

MacRumors mencatat, kemungkinan pemilihan untuk memakai modem X55 ini karena Apple mengembangkan iPhone 12 sejak jauh hari. Sehingga perusahaan tidak memakai modem X60. Ada spekulasi kalau iPhone yang dirilis 2021 akan beralih ke modem X60.

Baca Selanjutnya: Ketergantungan?...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Apple
  3. IPhone 12
  4. Qualcomm
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini