Apple Dilaporkan Segera Rilis iPad dan MacBook Dengan Layar Canggih

Selasa, 1 Oktober 2019 15:20 Reporter : Indra Cahya
Apple Dilaporkan Segera Rilis iPad dan MacBook Dengan Layar Canggih iPad 2019. ©2019 Apple

Merdeka.com - Apple berencana untuk meluncurkan iPad tercanggih dan juga MacBook terbaru di rentang waktu 2020 hingga 2021.

Keunikan dari gadget terbaru Apple ini adalah layar. Melansir pernyataan analis teknologi Apple Ming Chi Kuo via MacRumors, kedua perangkat ini akan tersemat layar canggih baru bernama Mini LED.

Apple sebelumnya memperkenalkan layar canggih yang diperkirakan serupa dengan Mini LED ini yakni Pro Display XDR Apple, monitor canggih Apple yang akan menemani MacPro. Perbedaannya menurut Kuo, monitor ini hanya memiliki 576 LED, sementara iPad dan MacBook baru tahun depan, akan memiliki 10.000 LED.

Mini LED sendiri adalah salah satu dari beberapa teknologi layar, di samping OLED dan juga Micro LED, yang tentunya ingin tembus menjadi standar baru untuk konsumen elektronik.

OLED sendiri sebenarnya sudah baik, namun deretan masalah burn-in atau piksel mati di perangkat layar lebar membuat OLED jadi lemah di perangkat besar seperti iPad atau MacBook. MicroLED sendiri masih belum terlalu berkembang dengan sempurna.

Akhirnya, Mini LED-lah yang akan jadi harapan. Mini LED diharapkan punya kualitas layaknya OLED tanpa risiko mati piksel, serta punya produk yang lebih tipis dan ringan.

Selain itu, berhasilnya pengembangan Mini LED berarti berkurangnya ketergantungan pasokan OLED dari Samsung. Sementara pengembangan Mini LED akan diserahkan ke LG Display.

Manurut Kuo pula, iPad baru berlayar canggih ini akan memiliki layar 10 hingga 12 inci, sementara MacBook akan memiliki ukuran layara 15 hingga 17 inci.

Diprediksi iPad baru akan meluncur terlebih dahulu. Perkiraan waktunya 2020 akhir atau awal 2021. Sementara MacBook akan muncul di kuartal pertama atau kedua di 2021.

1 dari 1 halaman

iPad 2019

Sebelumnya, pada acara keynote Apple 10 September yang dihelat beberapa waktu yang lalu, gadget pertama yang diperkenalkan adalah generasi ketujuh dari iPad.

iPad terbaru ini adalah suksesor dari iPad generasi enam yang sebelumnya adalah iPad paling populer sepanjang masa. iPad ini sendiri, sama seperti generasi sebelumnya, mengusung deretan fitur yang mencakup lebih banyak pangsa pasar seperti pengguna tablet pemula dan juga pelajar.

Beberapa aspek yang disebut kala keynote adalah spesifikasi. Antara lain layar Retina Display dengan bentang 10,2 inci dengan 3,5 juta pixel. Serta dukungan terhadap Apple Pencil.

Tak cuma itu, terdapat dukungan pula terhadap Smart Keyboard milik Apple.

Dari segi jerohan, terdapat prosesor Apple A10, yang merupakan silicon quad-core yang pertama kali kita temui di iPhone 7 pada 2016 silam. Ini adalah prosesor yang sama dengan iPad generasi sebelumnya.

Dalam keynote, Apple memperlihatkan deretan kemampuan dari iPad terbaru, di mana iPadOS terbaru telah diusung. Terdapat juga dukungan dari layanan terbaru Apple seperti Apple Arcade dan juga Apple TV+.

Tak lupa Apple memamerkan pula kemampuan multitasking dari iPad ini, tools video editor, serta dukungan untuk SD Card dan juga flashdisk. [idc]

Baca juga:
Ini Bukti Bahwa AirPods Adalah Ikon Milenial
Apple Patenkan Logo iPhone Menyala
iPhone ini Jatuh Dari Pesawat, Ditemukan Masih Menyala Setahun Kemudian!
Ini Hasil Uji Coba Fast Charging iPhone 11 Series, Makin Cepat!
iPhone 2020 Akan Usung Desain 'Tebal' Ala iPhone 4?
Apple Janjikan Kenaikan Performa Meski Baterai iPhone Menua

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. IPad
  3. MacBook
  4. Rumor Apple
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini