Apple Dikabarkan Daftarkan Paten Kontroler Game

Rabu, 13 April 2022 15:40 Reporter : Merdeka
Apple Dikabarkan Daftarkan Paten Kontroler Game Ilustrasi Apple. ©2020 Reuters

Merdeka.com - Apple, perusahaan bentukan Steve Jobs itu dikabarkan sedang mencari cara untuk masuk ke industri game. Salah satu cara tersebut adalah dengan merilis kontroler game buatan mereka sendiri. Hal ini diketahui lewat paten terbaru yang telah Apple daftarkan.

Mengutip Patently Apple via 9to5Mac, Rabu (13/4), perusahaan telah mendaftarkan paten terkait dengan kontroler game di Kantor Paten dan Merek Dagang AS. Selain mendaftarkan di negara asal mereka, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga telah mememasukkan berkas mereka ke Kantor Paten Eropa dalam dua minggu terakhir ini.

Berdasarkan gambar paten yang didaftarkan tersebut, terlihat proyek kontroler buatan Apple ini masih dalam tahap eksperimental. Dari gambar di bawah, terlihat bagaimana tim engineering Apple mengeksplore berbagai bentuk konsep dimana kontroler buatan Apple terlihat seperti Joy-Con Nintendo Switch.

Lebih lanjut, tampak juga bagaimana sebuah kontroler lainnya yang dibuat secara khusus untuk dipakai di iPhone. Selain berfungsi sebagai kontroler, terlihat desain kedua ini juga berfungsi sebagai kasingy yang dapat dilipat dengan tombol di dalamnya--mirip Nintendo DS.

Paten ketiga tampil dengan desin joystik yang lebih klasik, dan dapat dipakai di semuar perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac via Bluetooth. Apple juga sepertinya menambahkan sebuah tombol khusus yang berfungsi untuk mengaktifkan mode gaming di perangkat atau bisa dipakai untuk menjawab panggilan telepon saat bermain.

Perlu diingat, ini bukan pertama kalinya Apple dikabarkan akan merilis kontroler game buatan mereka sendirinya. Pada 2020, leaker @L0vetodream sempat mengatakan, Apple telah mengerjakan joystik--namun kabar tersebut menghilang begitu saha.

Tertulis, paten pertama ini diterbitkan pada 31 Maret. Sementara yang kedua diterbitkan pada 10 April.

Sumber: Liputan6.com / Yuslianson

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Apple
  3. Smartphone
  4. Game
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini