Apple akan tinggalkan Lightning dan beralih ke USB-C

Rabu, 1 Maret 2017 14:55 Reporter : Indra Cahya
Apple akan tinggalkan Lightning dan beralih ke USB-C Hilangnya headphone jack di iPhone 7. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Berdasarkan laporan terbaru, sepertinya flagship Apple terbaru yang akan rilis tahun ini, akan mengalami perubahan dalam hal konektivitas hardware.

Dilansir dari Phone Arena yang mengutip laporan The Wall Street Journal, Apple akan mengganti Lightning konektor yang selama ini jadi ciri khas Apple untuk konektivitas, dengan USB Type-C terbaru. Lightning sendiri hanya dimiliki produk Apple secara eksklusif.

Apple sebenarnya makin lama makin menggantungkan pengguna iPhone pada teknologi Lightning. Di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang rilis tahun lalu saja, Apple menghilangkan 3.5mm headphone jack, membuat banyak sekali permintaan aksesoris Lightning untuk konektor earphone. Belum lagi berbagai aksesoris lain.

Di sisi lain, MacBook terbaru sudah menggunakan USB Type-C. Hal ini membuat para Apple fanboy yang telah menggunakan headphone atau earphone berbasis Lightning kesulitan menancapkannya di MacBook kecuali menggunakan adaptor atau konektor.

Pergantian dari Lightning ke USB-C ini mungkin akan baik untuk para konsumen, yang akhirnya bisa merasakan fleksibelnya iPhone untuk 'disambung' dan 'menyambung' ke perangkat lain yang lebih universal. Para pembuat aksesoris pihak ketiga pun akan senang dengan hal ini, mengingat USB-C jauh lebih fleksibel. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. Rumor Apple
  3. Smartphone
  4. IPhone 8
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini