Aplikasi Talenta Bantu Pertumbuhan Bisnis Perhotelan Era Digital

Jumat, 21 Februari 2020 11:32 Reporter : Syakur Usman
Aplikasi Talenta Bantu Pertumbuhan Bisnis Perhotelan Era Digital Hotel di Bali pakai bahasa lokal untuk sapa bule. ©2015 merdeka.com/gede nadi jaya

Merdeka.com - Industri perhotelan di Indonesia semakin meningkat belakangan ini. Pasalnya, tempat wisata kian menarik dan banyak pilihan.

Menurut Arief Yahya, pariwisata di Indonesia akan menjadi faktor pendorong ekonomi di masa mendatang. Pariwisata dan perhotelan menjadi bagian yang tak terpisahkan. Keduanya saling mendukung satu sama lain bagaikan sepasang sepatu.

Namun, untuk mengembangkan bisnis perhotelan di era digital ini, di Indonesia sendiri, sebagian besar bisnis perhotelan, belum menggunakan digitalisasi dalam sistem bisnisnya. Misalnya penggunaan aplikasi software untuk bagian personalia atau human resources (HR). Padahal penggunaan teknologi tinggi akan memudahkan persaingan bisnis perhotelan di era digital yang semakin sengit.

Software Talenta

Menurut Arief, ternyata penggunaan aplikasi Talentaberdampak signifikan terhadap usaha perhotelan. Suatu bisnis hotel dapat meningkatkan efektivitas kinerja karyawan untuk memastikan bahwa bisnis hotel berjalan selama 24 jam sehari, 7 hari sepekan (24/7). Ada beberapa hal yang terbantu bila menggunakan aplikasi ini, antara lain:

1. Manajemen Shifting

Talenta sangat paham bahwa dalam bisnis hotel, pasti terdapat jam operasional yang panjang. Dulu sistem hotel terus menerus berulang dan hanya terbelit dalam pengaturan shift karyawannya, manajer hotel menulis di atas kertas atau papan atas shift karyawannya. Kini, Talenta menyediakan solusi atas masalah yang tiada habisnya tersebut dengan mengatur shift dalam sebuah aplikasi di smartphone. Bahkan seorang karyawan dapat mengajukan pergantian shift disertai tanggal dan alasannya.

1 dari 1 halaman

2. Sistem Absensi Online

Talenta juga menghadirkan cara absensi karyawan hotel yang membuat karyawan bisa check-in dan check-out sendiri dari ponselnya. Pihak manajer tidak perlu lagi absensi karyawan secara berulang setiap hari, karena otomatis masuk ke sistem Talenta. Bukan cuma itu, absen di Talenta juga bisa diatur dengan fitur lokasi dan selfie. Jadi, dapat selalu dipastikan keberadaan dan kebenaran dari karyawan hotel. Kelebihan ini juga berlaku untuk karyawan hotel, mereka dapat memasang alarm untuk mengingatkan kapan harus check-in dan check-out setiap hari.

3. Sistem Gaji

Selain pengaturan shift kerja dan cara absensi, perhitungan gaji juga bisa dilakukan di aplikasi Talenta. Bisnis perhotelan memang memiliki kebutuhan khusus dalam hal penggajian, setiap jenis karyawan memiliki skala upah, tunjangan, dan kebutuhan pajak berbeda. Oleh karena itu, Talenta menyediakan sistem penggajian yang dapat disesuaikan dengan posisi karyawan dalam sebuah hotel dan secara otomatis masuk ke dalam sistem Talenta.

Selain itu, karyawan dapat melakukan pengajuan cuti dan lembur tanpa memerlukan proses administrasi berbelit-belit dan langsung otomatis terhitung masuk ke dalam sistem penggajian.

Semakin ke sini zaman memang semakin canggih. Teknologi di era digital telah banyak membuat perubahan dalam industri di Indonesia, termasuk industri perhotelan. Aplikasi teknologi seperti Talenta memungkinkan manajer HR hotel untuk fokus pada apa yang terbaik bagi karyawan, hotel maupun dunia pariwisata.

[sya]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hotel
  3. Digital Startup
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini