Aplikasi 'sadis' ini akan hapus pekerjaanmu jika tak segera diketik

Selasa, 15 Maret 2016 14:30 Reporter : Indra Cahya
Aplikasi 'sadis' ini akan hapus pekerjaanmu jika tak segera diketik The Most Dangerous Writing App. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sering terhambat rasa malas ketika mengerjakan tugas kuliah atau kantor? Mungkin rasa malas punya efek yang buruk secara tidak langsung. Namun dengan aplikasi ini, kemalasan akan punya dampak secara langsung, secara sadis!

Dilansir dari Wired (14/3), "The Most Dangerous Writing App," adalah sebuah aplikasi sadis yang akan menghapus semua pekerjaan Anda jika Anda bermalas-malasan.

"Jangan berhenti. Jika Anda berhenti lebih dari lima detik, semua pekerjaan akan hilang," tulis peringatan di aplikasi tersebut.

Aplikasi ini awalnya didesain untuk menghindarkan penulis dari 'writer's block' atau kebuntuan dalam menulis yang sering sekali setiap orang alami. Namun dengan ini kita 'dipaksa' untuk tidak berhenti berpikir hingga kebuntuan tersebut terpecahkan sendiri.

Manuel Ebert, yang merupakan seorang mantan ilmuwan syaraf, adalah orang dibalik adanya aplikasi ini. Dibalik waktunya yang sudah cukup senggang, aplikasi 'sadis' ini dia rilis dengan cuma-cuma.

Ebert mendasarkan pembuatan aplikasi ini dari salah satui trik untuk memecahkan kebuntuan dalam menulis, yakni tetap menulis. Sebenarnya hal ini cukup efektif untuk menuliskan apapun yang ada di kepala kita, dan jika sudah banyak materi tulisan, langkah terakhir adalah menyuntingnya. Tentu saja, aplikasi ini menuntut kita agar tetap menulis, meski dengan cara yang sedikit kejam.

Strategi ini sebenarnya juga cukup efektif, karena kita tidak bisa kalah dengan ego. Banyak dari Anda lebih memilih menunggu inspirasi datang untuk menulis, daripada memaksa otak untuk tetap menulis.

'The Most Dangerous Writing App' tidak akan peduli teknik apa yang Anda gunakan dalam menulis, Anda hanya butuh untuk tetap menulis. Jika Anda berhenti, meski hanya dalam beberapa detik, pinggiran dari aplikasi tersebut tiba-tiba akan berwarna merah. Makin lama kita tidak mengetik, makin merah halaman aplikasi tersebut. Dalam 5 detik saja, pekerjaan yang sudah kita tulis akan terhapus, tanpa bisa dikembalikan.

Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, terdapat berbagai pilihan berapa waktu yang ingin Anda tempuh untuk menulis. Terdapat pilihan dari 5 menit hingga satu jam. Jika tidak mencobanya, Anda mungkin belum tahu bahwa Anda adalah orang yang luar biasa di bawah tekanan, atau tekanan justru membuat Anda pusing. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini