APJII tanggapi positif soal satelit BRIsat

Jumat, 24 Juni 2016 16:15 Reporter : Fauzan Jamaludin
APJII tanggapi positif soal satelit BRIsat Bentuk Satelit BRI. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza, mengapresiasi Bank BRI memiliki satelit sendiri untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia yang masih tak terjangkau perbankan. Langkah Bank BRI, dikatakannya, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dirasa sudah tepat.

"Dari APJII tanggapannya pasti positif melihat langkah Bank BRI ini. Karena ini kan suatu terobosan baru, bank bisa pakai satelit sendiri dan pertama di dunia," jelasnya saat berbincang dengan Merdeka.com, Jumat (24/06).

Dia pun membayangkan jika kelak Bank BRI bisa membuka kran kerja sama dengan pihaknya. Hal ini tak terlepas dari harapan APJII yang juga ingin berkontribusi dari sisi pemerataan internet.

"Saya sih ini hanya membayangkan kalau Bank BRI membentuk usaha sendiri untuk mengurus satelit dan boleh terbuka untuk anggota kami. Artinya kami bisa bekerja sama. Ini sih hanya angan-angan dan harapan kami saja sih. Tapi pastinya juga perlu ada regulasi soal ini," terangnya.

Satelit Bank BRI, BRIsat, telah berhasil diluncurkan pada Minggu (19/06) dari Kuorou, Guyana Perancis. Satelit tersebut nantinya, akan berada di slot orbit 150,5 derajat bujur timur (BT). Slot orbit yang dimiliki BRI saat ini, awalnya digunakan oleh satelit Palapa C2 milik Indosat.

BRISat akan menggunakan dua frekuensi yaitu C band dan KU band. C band akan digunakan untuk transaksi keuangan dan KU Band untuk komunikasi non keuangan. C band menggunakan frekuensi gelombang rendah sehingga tahan cuaca, sedangkan untuk KU band menggunakan gelombang tinggi sehingga mempunyai power yang kuat. Satelit ini akan mampu bertahan hingga 17 tahun lamanya. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini