Anonymous serang website MIT untuk hormati Swartz

Senin, 14 Januari 2013 18:38 Reporter : Alvin Nouval
Anonymous. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah tersiarnya kabar kematian Aaron Swartz, seluruh aktivis dunia maya mulai mengungkapkan belasungkawanya. Kali ini, Hacktivist Anonymous juga ikut mengucapkan belasungkawa dengan meretas situs MIT.

[Baca juga: 'Anak ajaib' dunia maya ditemukan mati gantung diri]

Seperti yang dilansir oleh Venture Beat (13/1), Aksi yang dilakukan oleh Anonymous ini ditunjukkan dengan menyerang website milik Massachusetts Institute of Technology, sebuah perguruan tinggi yang kerap melahirkan ahli-ahli teknologi tingkat dunia. Serangan ini dilakukan dengan merubah tampilan website tersebut menjadi sebuah halaman berlatar belakang hitam dengan tulisan berwarna merah menyala.

Dalam halaman tersebut, Anonymous menyampaikan bahwa tuduhan yang dialamatkan kepada Swartz merupakan penghancuran terhadap keadilan. Selama ini, Anonymous beranggapan bahwa Aaron Swartz justru telah berjasa dalam menyebarkan jurnal-jurnal ilmiah yang seharusnya berbayar secara gratis.

Atas kejadian ini, Anonymous juga meminta adanya reformasi terhadap undang-undang kejahatan komputer, penyalahgunaan hak cipta dan hak kekayaan intelektual demi terciptanya dunia maya yang bebas dan tak terkekang.

Tidak dijelaskan kenapa Anonymous memilih website MIT sebagai sarana untuk mencurahkan rasa belasungkawa mereka. Bisa jadi hal ini disebabkan karena kasus pidana yang dijatuhkan kepada Swartz akibat menyebarkan jurnal ilmiah MIT secara bebas. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Anonymous
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.