Android Segera Perkenalkan 'Chat', Aplikasi Chat Mirip iMessage

Rabu, 19 Juni 2019 11:57 Reporter : Indra Cahya
Android Segera Perkenalkan 'Chat', Aplikasi Chat Mirip iMessage Ilustrasi SMS Android. ©2019 androidauthority.com

Merdeka.com - Salah satu aspek yang membuat pengguna Android iri pada pengguna iPhone adalah iMessage. Aplikasi messaging milik iPhone tersebut dianggap cukup eksklusif karena hanya digunakan oleh sesama pengguna iPhone.

iMessage ini sangat populer di dunia barat, di mana Apple mendominasi pangsa pasar mereka. Namun kloningan iMessage di Android akan secara resmi diperkenalkan oleh Android.

Melansir Android Authority, Google akan memperkenalkan sebuah sistem perpesanan khusus Android pengganti SMS, yakni Rich Communication Services atau RCS. Sistem ini akan dipopulerkan dengan nama 'Chat'.

Aplikasi ini akan terpasang di seluruh perangkat Android sebagai pengganti Messages yang merupakan sistem SMS yang sudah lewat masanya. Dengan ini, sesama Android akan bisa berkirim pesan apapun perangkat atau providernya.

Melansir The Verge, Chat akan diuji di Prancis dan Inggris mulai bulan ini. Hal ini setelah para operator setuju untuk implementasi RCS oleh Google yang secara mutlak mengambil kendali.

Setelah ini pun operator telepon tak bisa lagi mengambil keuntungan dari SMS, karena sistem tersebut akan segera terganti oleh RCS yang dipegang penuh oleh Google.

Belum Ada Enkripsi

Ketika di WhatsApp dan Telegram telah menyematkan enkripsi end-to-end yang kini jadi enkripsi chat teraman yang pernah ada, Google masih belum akan menerapkannya di Chat.

Kekhawatiran soal ini datang dari para pakar privasi yang melihat ada celah bahwa Google bisa mengendalikan komunikasi dari milyaran perangkat Android secara global. Perlu diketahui, dengan adanya enkripsi end-to-end, bahkan pemilik platform seperti WhatsApp tak akan bisa tahu isi chat Anda.

Menurut Anda? [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini