Android lanjutkan dominasi, BlackBerry OS makin terpuruk

Rabu, 3 Oktober 2012 18:11 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
Android lanjutkan dominasi, BlackBerry OS makin terpuruk ilustrasi pasar sistem operasi smartphone. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Android nampaknya masih menjadi sistem operasi smartphone primadona. Hal ini terlihat dari data kepemilikan smartphone di Amerika Serikat sampai Agustus 2013 yang firma riset comScore peroleh.

Data tersebut menunjukkan kepemilikan ponsel Android masih tetap nomor satu dengan perolehan 52,6 persen. Angka tersebut berarti kenaikan dari data bulan Mei 2012 yang hanya mencapai 50,9 persen. Sedangkan BlackBerry OS milik RIM makin ditinggalkan konsumen walaupun berada pada peringkat ketiga. Pada hasil penelitian terakhir menunjukkan tingkat kepemilikan smartphone dengan sistem operasi balckBerry OS hanya mencapai 8,3 persen. Jumlah ini menurun dibandingkan data bulan mei 2012 yang mencapai 11,4 persen.

iOS milik Apple menempati peringkat kedua dengan perolehan 34,3 persen. Hasil tersebut merupakan peningkatan dibandingkan data bulan Mei yang hanya 31,9 persen. Sedangkan Windows Phone dan Symbian menjadi juru kunci data tersebut. Windows Phone, menurut informasi BGR (01/10), hanya dimiliki 3,6 persen konsumen smartphone di Amerika Serikat dan Symbian hanya dimiliki 0,7 persen pemilik smartphone.

Yang perlu menjadi catatan, data tersebut diperoleh sebelum iPhone 5 dan beberapa smartphone Windows Phone 8 baru diluncurkan. Pangsa pasar mungkin akan sedikit bergeser dengan datangnya beberapa smartphone baru tersebut.

iPhone 5 yang cukup fenomenal tersebut mungkin akan meningkatkan pangsa pasar iOS di Amerika Serikat. Tingkat kepemilikan Android pun terancam berkurang karena kedatangan iPhone 5. Beberapa gadget Android baru pun diluncurkan berdekatan dengan iPhone 5 misalnya Galaxy Note 2 dan HTC One X+ untuk meredam penjualan iPhone 5.

Data tingkat kepemilikan smartphone berikutnya cukup membuat penasaran. Kemampuan Apple tingkatkan pangsa, kemampuan Android pertahankan dominasi, dan kemampuan Windows Phone dan BlackBerry OS bertahan dapat dilihat pada hasil penelitian berikutnya. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. Android
  2. Blackberry
  3. Google Android
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini