Android 4.1 Jelly Bean punya fitur mirip Apple Siri

Kamis, 28 Juni 2012 14:35 Reporter : Dwi Andi Susanto
Android 4.1 Jelly Bean punya fitur mirip Apple Siri Pengenalan Android 4.1 Jelly Bean di Google I/O 2012 (© Msn.com)

Merdeka.com - Keberadaan Ice Cream Sandwich dapat dibilang masih tergolong baru karena Google merilis operating system untuk handset ini pada tanggal 19 Oktober 2011 silam. Berselang hanya beberapa bulan saja, tepatnya hari ini (28/06), melalui perhelatan Google I/O 2012 di San Francisco, Google mengumumkan satu operating system baru untuk handset yang diberi nama Android 4,1 Jelly Bean.

Seperti yang diberitakan Forbes.com, operating system untuk handset baru dari Google ini dapat mendeteksi gerak jari pengguna handset ketika akan mengoperasikan satu aplikasi yang sering digunakan. Jelly Bean juga membantu mempercepat proses loading suatu aplikasi dalam suatu handset.

Satu hal yang sangat menarik adalah terdapatnya satu aplikasi asisten mirip dengan Apple Siri atau Samsung S-Voice yang dinamakan Google Now. Dalam Google I/O 2012 tersebut, Google mendemonstrasikan fungsi Jelly Bean beserta Google Now di hadapan para pengunjung. Terhubung dengan internet atau tidak, fitur asisten dari Google ini masih dapat dioperasikan dengan maksimal.

Google juga menempatkan sesuatu yang dinamakan Project Butter di dalam platform Jelly Bean. Project Butter ini berfungsi untuk membuat smartphone atau tablet yang menggunakannya lebih responsif terhadap sentuhan penggunanya. Selain itu, menurut yang diberitakan oleh MSN.com, Jelly Bean juga dilengkapi dengan NFC untuk mengirimkan data ke perangkat lain dengan sekali ketukan saja.

Desain icon, contact photo, atau konten lainnya juga telah diubah dengan tampilan yang lebih menarik. Beberapa waktu lalu, Google juga memperkenalkan peta 3D besutannya untuk menjawab 'tantangan' Apple. Peta yang dinamakan Google 3D Map tersebut juga telah tersedia di dalam Jelly Bean.

Rencananya, Google akan meluncurkan Android 4,1 Jelly Bean ini pertengahan Juli mendatang untuk Nexus 7. Namun, belum terdapat penjelasan resmi kapan operating system baru besutan Google tersebut dapat dinikmati oleh pengguna perangkat handset Android lainnya. [das]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini