Android 10 Resmi Meluncur, Ini Deretan Keunggulannya

Rabu, 4 September 2019 11:50 Reporter : Indra Cahya
Android 10 Resmi Meluncur, Ini Deretan Keunggulannya Android 10. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebagai suksesor dari Android Pie yang rilis tahun lalu, akhirnya Google merilis Android terbaru yakni Android 10.

Beberapa hal pertama muncul bersama Android 10 ini. Tentunya yang paling terlihat adalah penamaan baru, branding baru, serta fitur dan peningkatan kemampuan OS ini.

Berikut akan kami ulas berbagai hal terbaru yang ditawarkan oleh Android 10. Mulai dari nama, keunggulan fitur, hingga informasi terkait perilisan di perangkat Android Anda.

1 dari 3 halaman

Penamaan Android 10

Selama bertahun-tahun, Android menggunakan nama kudapan. namun tahun ini Google membuang penamaan kudapan dengan branding baru yakni Android yang diikuti angka.

Kali ini, Android memiliki nama Android 10. Penamaan ini salah satu percobaan Google untuk lebih mengglobalkan sistem operasi tersebut dengan angka. Sehingga pengguna sadar versi yang mereka pakai terbaru atau tidak.

Hal ini memang cukup susah diidentifikasi dengan nama kudapan. Kita harus mengingat-ingat urutan alfabet untuk tahu versi terbaru itu Pie atau Nougat.

Penggunaan nama kue yang kebarat-baratan pun membuat beberapa nama agak susah diucapkan. Bagi masyarakat Korea Selatan dan Jepang, huruf L dan R seringkali pelafalannya terbalik. Penggunaan nama Kita-Kat pun sedikit merepotkan karena itu adalah merek dagang Nestle.

2 dari 3 halaman

Fitur Baru dan Keunggulan Android 10

Ketika Android 9 Pie tahun lalu berfokus pada kecerdasan buatan, tahun ini di Android 10 Google akan menaruh perhatian lebih ke privasi dan keamanan.

Meski demikian, tetap ada beberapa pembaruan di luar itu yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna jadi makin baik. Berikut ulasannya.

  • Modus Gelap: Penggemar Android benar-benar menantikan modus gelap untuk OS mereka, dan akhirnya Google memberikannya di Android 10. Anda pun bsia menghidupkan modus gelap secara langsung dari pengaturan Android.
  • Smart Replies: Jika Anda menggunakan aplikasi perpesanan Google seperti Messages atau Gmail, ini adalah fitur yang sama dengan itu. Fitur ini memberi respons yang telah disarankan dalam aplikasi sehingga Anda tak perlu terlalu banyak mengetik. Fitur ini akan muncul di semua aplikasi perpesanan yang ada.
  • Sharing Menu: Kali ini, sharing menu mengalami perombakan sehingga makin cepat dan makin efisien dalam digunakan.
  • Kontrol Navigasi Gesture: Fitur navigasi gestur yang ada sejak tahun lalu ini akan mendapatkan pembaruan tampilan, serta penyesuaian sehingga lebih nyaman digunakan.
  • Izin yang Lebih Baik: Jika Anda pernah memberikan izin aplikasi untuk mengakses data lokasi Anda, aplikasi tersebut akan mendapatkan izin tersebut selamanya. Hal ini berbeda di Android 10. Pasalnya, Anda bisa menyetel untuk hanya memberi izin hanya saat aplikasi terbuka. Tak cuma ini, ada banyak kontrol izin yang mudah dan yang pasti membuat privasi Anda aman.
  • Pembaruan Keamanan Dari Play Store: Dalam banyak kasus, pembaruan keamanan untuk Android tak terlalu sering ada. Jikalau ada, selalu harus menunggu versi baru. Untungnya di Android 10, pembaruan keamanan tertentu bisa dilakukan langsung di Google Play Store oleh developer, tanpa haru menunggu versi baru.
  • Digital Wellbeing Baru: Fitur-fitur yang dapat meningkatkan produktivitas seperti mode fokus dan juga Family Link akan lebih banyak muncul di Android 10. Anda akan dapat notifikasi soal penggunaan media sosial, berapa lama waktu telepon, dan berapa lama Anda menggunakan smartphone Anda.
3 dari 3 halaman

Saat Ini Cuma Ada di Pixel

Android 10 saat ini sudah bisa digunakan untuk semua perangkat Google Pixel, dari perangkat generasi pertama hingga Pixel 3a yang dirilis beberap waktu lalu.

Perangkat Android One kemungkinan akan mulai melihat pembaruan dalam beberapa bulan ke depan. Ini juga berlaku untuk deretan perangkat yang berpartisipasi dalam program Android 10 Beta.

Perangkat lainnya, menunggu keputusan dari masing-masing vendor. [idc]

Baca juga:
Melihat Tren Perkembangan Smartphone
Sukses Geser Advan, Realme Tembus 5 Besar Smartphone Terlaris di Indonesia
Huawei Bakal Rilis Mate 30 dan Mate 30 Pro Pada 19 September 2019
Apple Minta Maaf Telah Dengarkan Percakapan Pengguna di Siri
Bulan ini OPPO Siap Gebrak Pasar dengan Smartphone Terbaru

Topik berita Terkait:
  1. Android
  2. Smartphone
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini