Alat Penyadap Canggih Tak Mampu Tembus iOS Baru

Senin, 22 Februari 2021 14:37 Reporter : Indra Cahya
Alat Penyadap Canggih Tak Mampu Tembus iOS Baru Ilustrasi Spyware. ©2020 techadvisor.co.uk

Merdeka.com - Salah satu alat penyadapan yang telah dikenal saat ini adalah Pegasus. Ini adalah alat buatan perusahaan Israel bernama NSO Group. Saat ini, disebut bahwa gawai tersebut banyak dipakai untuk melakukan penyadapan kepada aktivis dan jurnalis.

Misalnya, menurut laporan organisasi nonprofit Citizen Lab yang dikutip Tekno Liputan6.com, operasi pemerintah menggunakan Pegasus untuk melakukan penyadapan pada 36 ponsel pribadi awak media Al Jazeera terjadi pada Juli dan Agustus 2020 lalu.

Saat itu, pelaku penyadapan menggunakan rantai eksploitasi yang disebut KISMET. Menurut Citizen Lab, ia melibatkan eksploitasi tanpa klik tak terlihat di aplikasi iMessage.

Namun, organisasi berbasis di Kanada itu meyakini bahwa KISMET tidak dapat melakukan penyadapan pada perangkat berbasis iOS 14 atau lebih baru.

"Kami tidak melihat bukti bahwa eksploitasi KISMET masih berfungsi di iOS 14 atau lebih lebih baru, meskipun kami mendasarkan pengamatan kami pada sampel terbatas dari perangkat yang diamati," kata organisasi berbasis di Kanada tersebut.

Apple, lanjut mereka, membuat banyak peningkatan keamanan di iOS 14 dan menduga bahwa perubahan ini memblokir celah eksploitasi tersebut.

"Meskipun kami yakin bahwa NSO Group terus bekerja untuk mengembangkan vektor infeksi baru, jika Anda memiliki perangkat berbasis iOS, Anda harus segera memperbarui ke iOS 14," tutur organisasi lintas-disiplin yang berafiliasi ke University of Toronto itu.

Baca Selanjutnya: Kemampuan Pegasus...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tekno Tips
  3. IOs
  4. Malware IOS
  5. Malware
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini